Tempat Wisata Alam di Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Riau memang tidak habis-habisnya akan tempat wisata alam, ditunjukan dengan banyaknya tempat wisata alam yang baru dibuka. Hal ini bisa terjadi karena Riau mulai menjadi pusat perhatian para turis, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Riau sangat memiliki banyak wisata baik itu wisata alam, wisata sejarah maupun wisata religi.

    Pada kali ini kita akan membahas tentang Tempat Wisata Alam di Riau. Apa saja wisata alam yang ada di Riau ini, silakan disimak:

    1. Air Terjun Guruh Gemurai

    Air terjun ini terletak di Kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru. Air terjun ini udah banyak dikenal oleh masyarakat, apabila anda berkunjung ke Air Terjun  Guruh Gemurai ini, anda akan disuguhi 2 aliran air terjun yang menghasilkan suara gemuruh yang sangatlah merdu.

    Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang menampung air, sehingga anda bisa berenang dan menikmati segarnya air. Ditambah beberapa Cottage yang berada disekeliling air terjun ini yang bisa anda gunakan untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam. Air terjun ini memiliki ketinggian 20m. dengan lintasan air yang cukup tinggi sehingga dapat membuat anda mendengar suara gemuruh yang menakjubkan.

    Untuk akses menuju Air Terjun Guruh Gemurai ini cukup mudah, anda bisa ke tempat ini menggunakan kendaraan anda atau juga transportasi umum. Untuk tiket masuk sendiri terdapat 2 kategori yaitu berdasarkan jenis kendaraan dan juga usia, untuk roda dua akan dikenakan biaya Rp.1000 dan Rp.1500 untuk kendaraan roda empat dan dari segi biaya anak-anak dikenakan biaya Rp.1000 dan Rp.3000 untuk dewasa. Bagaimana? Sangat-sangat terjangkau bukan?.

    1. Sungai Kampar

    Sungai ini terletak di Desa Teluk Meranti, Kabupaten Kampar, Pekanbaru. Tempat ini sering dikunjungi, karena anda bisa mencoba pengalaman baru, yaitu berselancar di sungai Kampar ini sama halnya seperti dipantai, karena sungai ini memiliki gelombang pasang surut yang memiliki kecepatan hingga 40 Km/jam.

    Bono, adalah nama yang diberikan pada ombak yang ada pada sungai Kampar ini. Sungai ini dapat menghasilkan ombak karena adanya suatu fenomena alam dimana terjadinya pertemuan antara arus sungai yang menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai karena pasang.

    Haya saja untuk bisa melihat dan berselancar dengan ‘Bono’ anda harus menunggu ketika musim pasang saja. Misalnya pada saat bulan purnama terjadi pada setiap tanggal 10-20 pada perhitungan bulan melayu atau pada bulan Agustus hingga bulan Desember. Jika anda berkunjung pada bulan dimana tidak terjadi musim pasang air laut, ‘Bono’ hampir tidak ada. Jadi pastikan anda berkunjung ke tempat ini pada saat musim pasang jika anda ingin merasakan ombak dari Sungai Kampar ini.

    1. Air Terjun Batang Kapas

    Riau memang terkenal sebagai Kota Seribu Air Terjun karena sangat banyak wisata alam air terjun yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, seperti Air Terjun Batang Kapas ini. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Sumatera bagian tengah dengan ketinggian mencapai 150m.

    Air terjun ini terletak di Desa Lubuk Bigau,Kenagarian Pangkalan Kapas, Kampar Kiri Hulu, Kampar. Jika anda berkunjung ke air terjun batang kapas ini, anda akan keindahan dan kemegahan dari air terjun ini dengan dihiasi bebatuan putih di sekitar air terjun. Disini anda bisa Camping di sekitar area air terjun ini sehingga anda bisa menikmati segarnya udara dan nikmatnya ketenangan di tengah alam dengan dinikmati suara air terjun.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Wisata Alam di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar