Resep Ikan Laut Enak Dengan Bumbu Rujak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum kita bahas cara memasak ikan laut dengan bumbu rujak, hal paling utama yang harus kita lakukan dahulu yaitu memilih ikan yang akan dimasak. Dikesempatan ini bisa menggunakan 1 kg ikan kembung yang masih segar dan seterusnya kita potong ikan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan setelah selesai memotong ikan.

    Selanjutnya kita bersihkan ikan sampai bersih, setelah ikan sudah dicuci potong satu buah asam jeruk dan buat ke dalam potongan ikan kembung tersebut agar mengurangi rasa amis ikan kembung tersebut setelah selesai diberi asam, dan setelah selesai dibersihkan goreng ikan sampai setengah matang saja, karena ikan ini juga akan di tumis dengan bumbu.

    Goreng semua ikan dengan minyak goreng, gunakan minyak goreng secukupnya jangan sampai menggunakan minyak makan terlau berlebihan, bila minyak terlau banyak ikan akan terasa enek dan akan menggurangi kesehatan.

    Selanjutnya kita siapkan bumbu ikan dan dalam kesempatan ini saya akan menggunakan bumbu :

    1/2 sdt air asam jawa

    1 sdt garam halus

    500 ml air santan

    3. lembar daun salam

    2 batang serai, digeprek

    1. lembar daun jeruk

    8 biji cabai hijau, di rajang

    5 sdm minyak goreng

    4 biji bawang merah ,dihaluskan

    Pilih bumbu yang masih segar agar rasa masakan juga gurih dan segar. Selanjutnya kita menumis bumbu halus, masak dan aduk rata  hinga harum. Masukan daun salam dan daun jeruk juga, setelah itu tambahkan irisan gula merah dan 1 sendok makan garam halus dan, setelah itu kita masukan ikan nya ke dalam dan tumis juga cabai hijau yang di rajang.

    Setelah tambahkan 1/2 sendok makan roiko ke dalam tumisan dan masukan petai yang sudah di potong  / belah  dua ke dalam tumisannya aduk sampai ikan terlihat empuk. Setelah itu masukan 2 batang serei yang telah digeprek dan juga masukan 1 sendok makan air asam jawa tunggu hingga ikan matang. Sebelum itu cicip rasa ikan bila ada rasa bumbu yang kurang silahkan tambah bumbu agar rasa  ikan tetap enak dan jika anda ingin menambahkan sesuatu tambahkanlah sebelum ikannya matang, jangan sampai ada bumbu/ bahan yang berlebih atau kurang.

    Apabila ada bumbu yang sampai berlebih atau bumbunya dirasa kurang bisa dapat mengakibatkan masakan terasa tidak enak atau rasa masakan akan aneh. Untuk diperhatikan masak ikan ini dengan api yang sedang, karena bila memakai api yang besar ikan akan terlau cepat masak dan bumbu tidak akan meresap ke dalam daging ikan, tentu saja akan mengurangi rasa nikmat dari ikan tersebut.

    Makanan ini sangatlah sehat dan aman dikomsumsi, karnea makanan ini adalah salah satu menu yang sangat sehat, dan cara pembuatannya juga sangat mudah dan tidak terlau ribet. Sehingga tidak terlalu sulit untuk dimasak sendiri, jadi tunggu apa lagi silahkan cicip masakan ini di restoran langganan anda .

    Apabila masak di rumah pun tidak terlalu ribet jadi tidak sulit untuk memasaknya karena menggunakan bumbu yang pada dasarnya digunakan untuk memasak. Jadi memasak ikan kembung dengan bumbu rujak tidak terlalu mencuri waktu anda.

    Tidak perlu takut untuk makan masakan ini karena dijamin sehat dan tidak terlalu pedas kok, jadi aman untuk anak atau ibu hamil. Masakan ini sudah bayak yang mengenalnya, sehingga tidak asing lagi tentunya dan bisa kita dapatkan di berbagai restoran nusantara.(Yemima)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Resep Ikan Laut Enak Dengan Bumbu Rujak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar