Prodi Teknologi Informatika Terbaik di Padang

Daftar Isi


    Pesatnya perkembangan teknologi informasi turut meningkatkan kebutuhan akan tenaga ahli di bidang IT tak hanya di tanah air bahkan untuk persaingan global. Maka tak heran, program studi teknologi informatika kian diminati bahkan menjadi salah satu jurusan dengan jumlah peminat paling banyak setiap penerimaan mahasiswa baru.

    Teknik Informartika adalah disiplin ilmu yang membahas cara menggunakan segala bentuk teknologi komputer dengan optimal untuk menangani masalah terkait transformasi maupun pengolahan data melalui proses logika.

    Prodi teknologi informatika akan mengajarkan kamu tentang prinsip-prinsip yang berkaitan dengan ilmu komputer, seperti perancangan, pengujian, pengembangan, sampai melakukan evaluasi terhadap sistem operasi yang digunakan dalam perangkat lunaknya.

    Sementara menurut Wikipedia, informatika adalah ilmu tentang penggunakan komputer dalam mengatur serta menganalisa data berukuran besar maupun informasi di mesin yang berbasi komputasi. Sedangkan teknik informatika berhubungan tentang rekayasa informasi serta rekayasa komputasi. Teknik informatika fokus pada perangkat lunak. 

    Namun secara umum, informatika merupakan ilmu yang membahas mulai dari struktur sampai tentang interaksi beberapa sistem yang digunakan saat mengumpulkan data, proses sampai pada penyimpanan hasil data yang diproses sehingga dapat ditampilkan menjadi informasi.

    Alasan Memilih Jurusan Teknologi Informatika
    Tapi tahukah kamu? Jurusan teknologi informatika pada SBMPTN tahun 2021 lalu, menjadi prodi yang masuk lima besar sebagai jurusan yang paling banyak diminati di bidang saintek. Faktor utama yang membuat jurusan ini begitu diminati adalah peluang kerja menjanjikan dan kesempatan berwirausaha dengan penghasilan menggiurkan.

    Selain itu, era revolusi industri 4.0 yang sangat mempengaruhi perkembangan teknologi informasi membuat lulusan untuk jurusan teknik informatika kian dibutuhkan, mulai dari instansi pemerintah sampai pihak swasta.

    Menariknya lagi, berbekal kemampuan analis, berpikir logis dan sistematis, keterampilan dalam merekayasa informatika yang diiringi kreativitas, ketekunan, dan ketelitian, kamu bisa mewujudkan ide-ide bahkan berpeluang mendirikan usaha di bidang start up yang tengah berkembang saat ini.

    Tidak cukup sampai di situ, dengan menekuni ilmu teknik informatika di bangku kuliah, ternyata juga membuka kesempatan bagi kamu untuk bekerja sebagai konsultan yang bekerja terutama jika kamu senang bekerja secara independent self-employe dalam mengembangkan sistem untuk perangkat lunak suatu database.

    Karir Menjanjikan untuk Lulusan Teknik Informatika
    Umumnya, industri teknologi informasi ada di puncak sebagai pilihan saat mendaftar karir impian untuk lulusan teknik informatika. Dengan ilmu serta kemampuan terampil yang didapatkan ketika di bangku kuliah, lulusan teknologi informatika mempunyai nilai lebih yang membuatnya harus dan patut disertakan di dalam pekerjaan, bahkan hampir di segala sektor.

    Karenanya, lulusan teknik informatika begitu dibutuhkan guna merancang serta membangun perangkat lunak, dan mengembangkan cara terbaru agar efektif juga efisien dalam menangani segala masalah terkait komputasi.
     
    Pilihan karir untuk lulusan teknik informatika bisa dikatakan sangat luas. Jenis hingga jenjang karirnya pun juga bervariasi. Dengan kemampuan dan keahlian yang kamu peroleh jika memilih jurusan teknik informatika ini, berbagai tawaran untuk bekerja di berbagai sektor terbuka lebar.

    Lalu, pekerjaan apa saja yang bisa dijajal lulusan teknik informatika?
    1. Programmer
    Salah satu pilihan dan merupakan keahlian yang saat ini sangat dibutuhkan adalah programmer. Seorang programmer bertugas membuat suatu program sesuai kebutuhan perusahaan. 

    Sebagai lulusan teknik informatika, menjadi programmer bisa menjadi pilihan karir yang menjanjikan. Kamu bisa menjadi seorang web programmer untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis web atau menjadi mobile programmer yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi mobile baik android maupun iOS. 

    2. Software Engineer
    Software Engineer juga menjadi pilihan bagi lulusan teknik informatika untuk berkarir. Tugasnya, mengaplikasikan setiap prinsip dari softwarer engineering. Dengan keahlian dan keterampilan di bidang teknologi informatika yang kamu peroleh di bangku kuliah, kamu bertanggung jawab untuk membuat network distribution, sistem operasi, dan software yang digunakan dalam complier dan lain sebagainya yang dibutuhkan perusahaan. 

    3. Konsultan IT
    Berbekal pengetahuan yang kamu peroleh selama mengeyam pendidikan di bangku kuliah jurusan teknik informatika, menjadi konsultan IT juga bisa menjadi pilihan karir kamu setelah lulus meraih gelar sarjana.

    Konsultan IT bertugas dalam penerapan teknologi informasi untuk kebutuhan bisnis dan memberi konsultasi atau saran kepada kliennya untuk mencapai target tertentu.

    4. Dosen IT
    Sebagai lulusan teknik informatika, tentunya kamu paham benar cara mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Jika kamu memiliki minat sebagai seorang tenaga pengajar, kamu bisa menjajal karir sebagai seorang dosen IT.

    5. Start Up
    Kesempatan untuk membangun usaha sendiri di bidang teknologi informasi juga menjadi pilihan karir yang menjanjikan. Salah satunya mendirikan start up sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

    Berbekal keahlian, keterampilan, serta kreativita, kamu dapat mewujudkan ide-ide dalam membangun usaha. Dengan demikian, kamu juga membantu membuka peluang kerja bagi ahli-ahli IT lainnya.

    Prodi Teknik Informatika Universitas Adzkia
    Setelah resmi menjadi universitas, kampus yang sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKP) Adzkia kini tak hanya fokus pada ilmu keguruan dan kependidikan dengan didirikannya Prodi Teknik Informatika.

    Meski merupakan perguruan tinggi swasta, kampus yang berdiri megah di Kota Padang, Sumatera Barat ini berkembang pesat mengikuti kebutuhan di era digital melalui program studi teknologi informatika.

    Dibukanya jurusan teknik informatika ini juga menjadi batu loncatan bagi perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat ini guna menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0 yang begitu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

    Melalui berbagai prodi yang diasuhnya, universitas yang sudah mengantongi Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ini bercita-cita besar untuk mengabdikan kepada masyarakat dan memiliki target menjadi kampus yang berkelas di dunia.

    Fasilitas Memadai di Univiersitas Adzkia
    Berdiri megah di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat, Univeristas Adzkia dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas memadai. Untuk mendukung proses perkuliahan, kegiatan kemahasiswaan, kegiatan ibadah, hingga olahraga mahasiswanya, berikut ini fasilitas-fasilitas yang bisa kamu dapatkan dengan berkuliah jurusan Teknik Informatika di Universitas Adzkia:
    1.Perpustakaan
    2.Laboratorium Microteaching
    3.Laboratorium Bahasa dan Komputer
    4.Laboratorium IPA
    5.Laboratorium PAUD
    6.Adzkia Convention Center
    7.Free internet
    Tak hanya itu, Universitas Adzkia juga dilengkapi sarana dan prasarana yang akan menunjang kegiatan mahasiswa setelah berkuliah. Mulai dari sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, sarana serta fasilitas untuk ibadah dengan adanya Masjid. Menariknya, fasilitas olahraga di kampus Adzkia juga lengkap, mulai dari lapangan yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond. 
    Tunggu apalagi? Yuk persiapkan diri kamu untuk menjadi bagian dari mahasiswa prodi Teknik Informatika yang kreatif, inovatif, serta berkarakter Islami di Universitas Adzkia.

    Untuk Pendaftaran klik link berikut : https://spmb.adzkia.ac.id
    Contact Person : 
    0813-7464-6550 (Cindy) 
    0813-7814-9583  (Humas Univ. Adzkia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prodi Teknologi Informatika Terbaik di Padang
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar