Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu Bagikan Stiker

Daftar Isi

    Foto: Usai membagikan stiker, Kejari Inhu bersama anggota Satlantas Polsek Rengat Barat poto bersama

     

     

    Lancang Kuning, INHU - Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan kegiatan pembagian stiker bertajuk Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) Jumat pagi (09/12/22) disimpang tugu patin, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu. 

    Dalam kesempatan ini, turut dihadiri Kasi Pidsus Kejari Indragiri Hulu, Kasi Intel, Kasi Datun, Kasubsi A Bidang Intelijen, Para Jaksa dan Pegawai Kejari Indragiri Hulu beserta Anggota Satlantas Polsek Rengat Barat.

    Sebagai agenda dan bentuk Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Pegawai Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu membagikan Stiker dan menempelkan Stiker tema Hari Anti Korupsi Sedunia pada kendaraan masyarakat yang melintas di Simpang Tugu Patin Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu serta berbagi Informasi mengenai Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

    Disela kegiatan, Kasi Intelijen Kejari Inhu Arico Novi Saputra S.H mengatakan adapun tema pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2022 yaitu Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi 
    bahwa Harkodia merupakan agenda yang diperingati oleh Kejaksaan RI beserta jajaran serentak di seluruh Indonesia.

    Puncak dari Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, tambahnya adalah Pembukaan Upacara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diikuti oleh seluruh lembaga pemerintah di seluruh wilayah Indonesia secara virtual dengan berpusat di Ibukota Jakarta.

    Salah satu agenda Kejaksaan RI pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia adalah melakukan edukasi terkait pencegahan dan pemberantasan korupsi, dengan menekankan pada bahaya korupsi sebagai extraordinary crime yang menghancurkan negara dan bangsa.

    Terdapat tiga strategi pemberantasan korupsi yang tengah dijalankan di Indonesia yang disebut sebagai Trisula Pemberantasan Korupsi dengan perumpamaan yaitu Trisula yang memiliki tiga ujung tajam diumpamakan sebagai senjata pemberantasan korupsi dan sebagai simbol dari tiga strategi utama pemberantasan korupsi yaitu penindakan, pencegahan, dan pendidikan.

    Masih kata Arico, Semangat dari tema Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi menjadi penguat komitmen dan langkah kementrian, lembaga dan pemerintah daerah untuk mendukung Rencana Kerja pemerintah Tahun 2023 yaitu Peningkatan Produktvitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. 

    Pemerintah membutuhkan dukungan untuk menyukseskan program prioritas pemerintah untuk menyukseskan implementasi peta jalan pemberantasan korupsi 25 tahun Indonesia menuju salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

    Bahwa Hari Anti Korupsi Sedunia dicetuskan melalui Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 31 Oktober 2003 yang menghasilkan United Nations Convention Againts Corruption (UNCAC). 

    "Yang menetapkan tanggal 9 Desember sebagai hari anti korupsi internasional yang kemudian dikenal sebagai hari anti korupsi sedunia (HAKORDIA) Indonesia telah meratifikasi UNCAC melalui Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pengesahan United Nations Convention Againts Corruption," tutup Kasi Intel. (LK/SH) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu Bagikan Stiker
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar