DPRD Riau Paparkan Peningkatan Potensi Daerah

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Ketika berkunjung ke UPT Riau Science Techno Park di Pasir Putih, Sekretaris Komisi I DPRD Riau Abdul Kasim melihat bagaimana kawasan ini telah memiliki inovasi-inovasi pemanfaatan potensi daerah, seperti singkong, jagung, minyak jelantah, sawit, Nipah yang bisa dijadikan bahan bakar nabati bioethanol/biodiesel yang berkualitas pro lingkungan.

    Selain itu juga beberapa produk biosolvent untuk stimulasi chemical injeksi sumur-sumur minyak yang tidak produktif menjadi produktif kembali, teknologi kaolin sebagai pengolahan air gambut menjadi air bersih serta bermacam-macam inovasi yang sudah dibuat yang bermanfaat untuk UMKM, industri dan masyarakat.

    “Jika salah satu hasil riset tersebut serius dikembangkan oleh Pemerintah Daerah, misalnya Bahan Bakar Nabati maka akan dapat mengurangi penggunaan APBD untuk subsidi BBM. Sehingga dapat digunakan untuk program peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Abdul Kasim.

    Berangkat dari hal inilah, Sekretaris Komisi I DPRD Riau ini melihat peluang meningkatkan potensi daerah di Riau. Untuk itu, perlu lembaga yang berdiri sendiri didalam memaksimalkan potensi daerah ini, seperti yang telah diamanatkan Peraturan Presiden dan surat Kementerian tentang pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida)

    “Jadi saya berharap kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk membentuk Brida. Sehingga nanti tidak bergabung lagi dengan organisasi lain, seperti Bappeda Litbang," katanya.

    Untuk itu, Abdul Kasim melihat untuk terlaksananya hal ini perlu Pemerintah Provinsi Riau untuk membentuk Brida. "Sehingga mereka mudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat yang mana telah lebih dulu membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional," katanya lagi.

    Lanjut dia, jika Brida ini sudah terbentuk, maka akan menimbulkan efek positif bagi daerah dan meningkatkan ekonomi bagi masyarakat Riau. Sebab, pembentukan Brida ini memberi kemanfaatan yang sangat besar bagi Pemprov Riau dan juga bagi pemerintah pusat, lantaran dapat menggali potensi-potensi daerah, dengan hasil riset tersebut.(adv)


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel DPRD Riau Paparkan Peningkatan Potensi Daerah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar