Bahaya, Dapat Picu Kanker Jangan Lakukan Hal ini Sebelum Tidur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap orang tentu saja harus waspada dan memperhatikan apa saja hal yang memungkinkan dalam memicu kanker. Kita harus waspada dan menghindari sedini mungkin penyebab adanya penyakit yang mematikan ini.

    Salah satu yang menyebabkan kematian terbesar adalah dipicu dengan adanya kanker. Untuk itu, tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan serta memicu terjadinya kanker agar kita bisa waspada.

    Berikut beberapa bahaya sebelum tidur jika kita lakukan akan memicu kanker yang dilansir dari id.theasianparent.com.

    1. Sulit terlepas dari ponsel

    Saat ini kita tidak asing lagi dengan yang namanya ponsel, bisa dikatakan bahwa kita sangat akrab dengan ponsel dibandingkan dengan yang lain. Banyaknya smartphone canggih saat inipun memberikan ragam kemudahan untuk kita termasuk membaca buku elektronik. Namun, tanpa kita sadar ternyata ponsel bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya kanker.

    Brigham and Women's Hospital di Boston, Massachusetts melakukan penelitian dan menemukan bahwa seseorang akan mengalami kesulitan tidur jika membaca buku dari perangkat elektronik. Dr. Anne-Marie Chang, seorang ahli saraf dan gangguan tidur juga mengemukakan bahwa kebiasaan membaca buku elektronik atau bermain ponsel berkaitan erat dengan penyakit berbahaya.

    Rasa lelah dan kantuk akan menekan tingkat melatonin saat kita terpancar cahaya biru yang berasal dari layar elektronik pada malam hari dan tentu saja itu otomatis mempengaruhi kualitas tidur.

    Kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur akan menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas dan kardiovaskular.

    1. Jam makan malam tidak teratur

    Salah satu hasil studi yang mengeluarkan sebuah hasil penelitian yang mengejutkan yaitu resiko seorang terkena kanker besar kaitannya dengan jam makan seseorang tersebut.

    Ada dua jenis kanker yang bisa dipicu jika kebiasaan makan di waktu terlalu larut yaitu untuk pria akanmemicu munculnya kanker prostat dan wanita akan memicu kanker payudara.

    Dalam International Journal of Cancer yang mempublikasikan sebuah penelitian bahwa seseorang jang makan sebelum jam 9 malam akan mengurangi 20% resiko terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang terlambat makan dan langsung tidur setelahnya.

    1. Tidak mematikan lampu saat tidur

    Tidak semua orang bisa mematikan lampu sebelum tidur, karena ada sebagian yang memang tidak bisa tidur dalam kegelapan. Tapi, tahukah kamu bahwa tidur dengan lampu yang menyala akan memicu penyakit kanker.

    Dalam American Journal of Epidemology pada 1987 yang mempublikasikan sebuah penelitian dimana di dalamnya menyebutkan bahwa hormon melatonin akan dipengaruhi oleh sinar lampu yang menyala.

    Sekedar informasi bahwa hormon melatonin dikenal dengan hormon kegelapan dimana dia diproduksi saat gelap dan hormon ini juga merupakan hormon antioksidan yang sangat efektif untuk melawan sel kanker berkembang pada tubuh.

    Ahli epidemiologi kanker Pusat Kesehatan Universitas Connecticut, Dr. Richard G. Stevens menyatakan bahwa melatonin butuh kegelapan dan bisa mempengaruhi produksi hormon estrogen. Apabila estrogen terlalu banyak akan meningkatkan resiko kanker payudara.

    Nah, itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang mampu picu munculnya kanker yang harus kita hindari sebelum tidur di saat malam hari.(UT)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya, Dapat Picu Kanker Jangan Lakukan Hal ini Sebelum Tidur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar