Senam Sehat di Area CFD Diminati Ratusan Warga Pekanbaru

Daftar Isi

    Foto: Ratusan Warga Pekanbaru antusias mengikuti senam sehat di area Car Free Day, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Minggu (11/9/2022).

     


    Lancang Kuning, PEKANBARU - Ratusan Warga Pekanbaru antusias mengikuti senam sehat yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau dan Universitas Lancang Kuning (Unilak). 

    Kegiatan senam berlangsung di kawasan area bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jalan Sudirman, tepat depan Gedung Pustaka Soeman HS, Pekanbaru, pada Minggu (11/09/2022).

    Sejak pukul 07.00 Wib, tampak ratusan warga telah bersiap dan semangat mengikuti senam sehat di lokasi itu. Mulai dari usia anak-anak hingga dewasa tampak semangat ikut senam yang berlangsung selama satu jam.

    Acara tersebut juga turut mengundang instruktur senam profesional. Diiringi irama musik yang sedang populer, membuat warga semakin bersemangat mengikuti gerakan instruktur.

    Seperti yang dilakukan oleh Zana, hampir tiap hari minggu ia mengikuti senam sehat di lokasi itu. Dikatakan dia, dengan mengikuti senam sehat ia merasa sehat, berkeringat. Setelah itu bisa baca buku, sekaligus jumpa teman-teman. 

    "Acaranya seru, apalagi kalau cuaca cerah saat CFD semakin ramai yang senam," ujar Zana saat ditemui di lokasi. 

    Hal yang sama juga disampaikan Widiarso, ia mengaku kegiatan senam sehat yang digelar setiap hari minggu pagi itu, mampu meningkatkan imun tubuh. 

    "Alhamdulillah, sinar matahari  lumayan terasa menyengat kulit. Sembari cari keringat bisa sekaligus meningkatkan imun tubuh," ujar Widiarso dengan semangat berapi-api. 

    Sementara itu, koordinator CFD Unilak, Muhammad Akmal mengatakan, senam sehat Unilak bekerja sama dengan Dispersip Provinsi Riau telah mendapatkan tempat di hati warga Pekanbaru. 

    Dijelaskan dia, banyak warga Pekanbaru yang datang ke area CFD dengan tujuan utamanya ingin hadir di senam sehat tersebut. Bahkan sejumlah alumni Unilak juga hadir di setiap kegiatan ini diselenggarakan. 

    "Unilak sudah tiga bulan hadir di area CFD bekerja sama dengan Dispersip Provinsi Riau. Kolaborasi ini tentu memberikan nilai positif bagi penguatan literasi masyarakat Pekanbaru khususnya di area CF," ujar Akmal.

    Pada events itu, kata Akmal, juga menggelar berbagai kegiatan literasi dan sosialisasi. Adapun kegiatannya adalah mendongeng untuk anak-anak, donasi buku, lapak bacaan, pustaka berjalan, arena bermain bagi anak-anak, dan penerimaan mahasiswa baru Unilak. 

    Kepala Dispersip Provinsi Riau, Mimi Yuliana menjelaskan, pada events itu pihaknya melakukan kegiatan sosialisasi pelayanan  enkapsulasi/restorasi dokumen/arsip keluarga.

    "Layanan restorasi arsip keluarga diberikan kepada warga secara gratis. Beberapa contoh arsip keluarga yang dapat direstorasi yaitu ijazah, akte kelahiran, sertifikat, dan lain lain," Mimi menjelaskan. 

    Dijelaskan dia, persyaratan restorasi arsip keluarga, pemohon wajib membawa langsung arsip ke dinas Perpustakaan di hari kerja (Senin-Kamis). 

    "Kemudian pemohon harus mengisi formulir pendaftaran, Arsip asli tidak fotokopi, dan setiap KK membawa maksimal dua arsip," tandasnya. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Senam Sehat di Area CFD Diminati Ratusan Warga Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar