Wakil Ketua DPRD Riau Sidak ke Sejumlah SMA dan SMK di Pekanbaru, Temuannya Mengejutkan

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Menindak lanjuti pengaduan masyarakat terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tingkat SMA dan SMA di Pekanbaru. Jumat (22/7/2022) Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho melakukan inspeksi di sejumlah SMA dan SMK di Pekanbaru.

    Kunjungan di mulai di SMAN 9 Pekanbaru. Data di lapangan, SMAN 9 memiliki 9 lokal kelas baru. Dihitung dengan angka maksimal yang ada, semestinya ada 324 siswa baru yang dapat ditampung. Namun, pada PPDB online yang lalu, jumlah siswa yang diterima adalah 269 siswa. Sisanya, dikatakan Agung adalah rekomendasi dinas.

    Dari SMAN 9, ia kemudian melanjutkan sidak ke SMKN 1 Pekanbaru yang terdapat di sebelah SMAN 9. Disana dia menemukan hal serupa, saat PPDB online SMKN 1 hanya menerima sebanyak 300 murid saja. Sisanya sebanyak 60 orang murid diduga dimasukkan melalui rekomendasi Disdik melalui Kepala Bidang (Kabid) SMA.

    Kata Agung, informasi ini diperoleh dari keterangan wakil kepala sekolah, yang mana ketentuan ini sudah diatur Disdik. Sehingga pihak sekolah tidak lagi dapat berbuat banyak dan menuruti permintaan Disdik tersebut.

    Dari SMKN 1, Ketua DPD Demokrat Riau ini kemudian melanjutkan sidak ke SMAN 5 Pekanbaru yang terdapat di Jalan Saus, Kota Pekanbaru. Disana ia bersama rombongan juga disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 5 Elmi Gurita. Dari penuturan Kepsek, jumlah kelas untuk siswa baru di sana terdapat 11 kelas.

    Bila ditotal, ada sebanyak 396 siswa yang seharusnya bisa diterima melalui PPDB online. Namun pada kenyataannya, pada saat PPDB pihak sekolah hanya menerima 330 siswa saja. Sisanya sebanyak 66 orang merupakan siswa titipan, yang masing-masing berasal dari Disdik sebanyak 51 orang dan pihak sekolah 15 orang. Kepsek juga bercerita bahwa titipan Disdik tersebut diberikan melalui sebuah draft yang dititipkan kepada kepala sekolah.

    "Dititipkan saat rapat bersama kepala sekolah lainnya. Saat itu kami dikumpulkan pihak dinas di sebuah gedung di Jalan Arifin Achmad. Disana ditentukan lah nama-nama yang masuk melalui titipan Disdik," ungkap Elmi.

    Dari pengakuan Kepala Sekolah, Plt Kepala Dinas Pendidikan M Job menyebut bahwa titipan ini sengaja dibebankan kepada pihak sekolah karena desakan DPRD Riau.

    Kata dia, pihak Disdik mengatakan untuk seluruh sekolah Disdik menitipkan sebanyak 750 siswa. Namun informasi tersebut langsung ditampik oleh Agung Nugroho. Dikatakan Agung, jumlah siswa yang di rekomendasikan DPRD Riau berdasarkan aduan masyarakat hanya berkisar 200an siswa saja.

    Inspektur Pembantu I Inspektorat Provinsi Riau Dino Predi usai sidak mengatakan bahwa dirinya telah mencatat semua temuan saat sidak. Dirinya memastikan bakal menindak lanjuti temuan tersebut.”Sudah tadi kami sudah catat semua temuan dan Insha Allah akan ditindak lanjuti agar masyarakat mendapat keadilan,” ujarnya.(rie/ant)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wakil Ketua DPRD Riau Sidak ke Sejumlah SMA dan SMK di Pekanbaru, Temuannya Mengejutkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar