Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi Padang

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Magang bukan sesuatu yang asing lagi bagi mahasiswa dan siswa sekolah kejuruan atau SMK. Ya, program magang menjadi syarat untuk lulus dari SMK dan mendapat gelar sarjana di perguruan tinggi.

    Magang merupakan proses dalam menerapkan pengetahuan maupun kompetensi yang diperoleh dari bangku pendidikan dan diterapkan di dunia kerja. Sehingga, mahasiswa magang dapat mengenal dunia kerja yang profesional dan memahami sistemnya.

    Sedangkan Undang-Undang tentang ketenagakerjaan menyebutkan bahwa magang menjadi bagian dari pelatihan kerja yang diselenggarakan di perusahaan maupun badan usaha milik negara, maupun instansi pemerintahan. Singkatnya, magang diartikan sebagai pelatihan bekerja di tempat atau perusahaan tertentu.

    Umumnya, magang memiliki tujuan utama sebagai kesempatan dalam mempersiapkan mahasiswa maupun pelajar SMK untuk melangkah ke dunia kerja serta mampu mengaplikasikan keterampilannya sesuai dengan kebutuhan industri kerja.

    Tidak sepeti di tingkat SMK yang mengharuskan mengikuti program magang yang disebut praktik kerja lapangan (PKL) atau kini dikenal pula dengan istilah Praktik Kerja Industri (Prakerin), sejumlah jurusan justru tidak mengharuskan mahasiswanya untuk mengikuti magang, namun disarankan untuk mempersiapkan mahasiswa yang berkualitas sesuai kebutuhan dunia kerja kini.

    Salah satu jurusan yang mengharuskan mahasiswanya mengikuti program magang adalah Ilmu Komunikasi. Secara garis besar, Ilmu Komunikasi mempelajari proses dalam penyampaian pesan secara efektid serta tepat sasaran sehingga menghasilkan timbal balik, feedback dalam bentuk respon, perilaku hingga tanggapan.

    Di dunia kerja, jurusan Ilmu Komunikasi punya ranah yang sangat luas, mulai di perkantoran sebagai public relations, hingga pekerjaan di lapangan sebagai jurnalis. Sehingga, tempat magang yang sesuai dengan jurusan ilmu komunikasi adalah perusahaan media sampai yang bergerak di bidang digital lainnya.

    Sejumlah perusahaan yang sesuai sebagai tempat magang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Industri media

    Industri media membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi untuk melaksanakan magang. Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang bergerak di sektor tersebut membuka program magang untuk mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.

    Menariknya, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi bisa bekerja magang di berbagai divisi di perusahaan media, baik di belakang layar maupun di lapangan. Karena, tiap divisi yang ada membutuhkan tenaga ahli ilmu komunikasi.

    2. Start Up

    Memasuki revolusi industri 4.0, perusahaan start up di Indonesia memang sudah bertumbuh dan berkembang sangat pesat. Terlebih lagi, perusahaan start up menjadi ranah tingkat peminat tinggi di kalangan  anak muda, hingga membuka program magang sendiri, termasuk untuk mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.

    Sejumlah pekerjaan yang bisa diambil saat magang di Start Up adalah sebagai digital marketing, editor, creative writer, dan masih banyak lagi.

    3. Instansi Pemerintahan

    Instansi pemerintahan adalah salah satu lembaga yang kerap kali membutuhkan tenaga mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Sebab, hanya ilmu komunikasi yang mampu melakukan pekerjaan terkait dokumentasi dan publikasi yang harus dilakukan instansi pemerintahan sebagai bentuk transparansi kepada publik.

    Kamu bisa menempati divisi hubungan masyarakat, protokoler pemerintah, hingga dokumentasi dan publikasi yang selalu dibutuhkan, terutama ketika instansi menyelenggarakan kegiatan dan harus disiarkan atau disampaikan kepada masyarakat umum secara luas.

    4. Perusahaan Periklanan

    Perusahaan periklanan atau advertising juga membuka kesempatan magang untuk mahasiswa jurusan ilmu komunikasi. Kamu bisa berperan dan membantu di divisi public relation, marketing komunikasi, serta periklanan yang sangat membutuhkan publikasi oleh ahli di bidang komunikasi.

    5. Event Organizer

    Tak hanya jurnalis yang mengharuskan mahasiswa magang jurusan ilmu komunikasi bekerja di lapangan, magang di perusahaan event organizer juga sangat menghabiskan waktu di luar kantor.

    Kamu akan ikut bertanggung jawab dalam suatu acara dan membangun koneksi sebagai relasi sebagai modal memasuki dunia kerja nantinya.

    Tempat Magang Jurusan llmu Komunikasi Padang

    Memilih tempat magang untuk jurusan Ilmu Komunikasi Padang, sebenarnya tidak sulit. Salah satunya Garuda Cyber Indonesia, sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak 2013 dan bergerak di bidang IT.

    Saat ini Garuda Cyber Indonesia Padang memberikan kesempatan magang untuk mahasiswa ilmu komunikasi. Kamu hanya perlu melengkapi persyaratan, mengikuti ketentuan, dan meminta persetujuan dari pihak kampus.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar