Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Medan

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Memasuki tahun ajaran baru, sebagian mahasiswa maupun siswa di sekolah menengah kejuruan untuk turun mengikuti masa praktik kerja lapangan atau PKL yang juga biasa disebut magang.

    Bagi mahasiswa di sejumlah jurusan maupun siswa di sekolah kejuruan, magang merupakan syarat wajib yang harus diikuti untuk merengkuh gelar sarjana maupun lulus dari sekolah kejuruan.

    Magang atau program praktik kerja lapangan merupakan kegiatan belajar yang memberikan mahasiswa maupun siswa SMK mendapatkan wawasan hingga pengalaman secara praktis di industri kerja.

    Tak hanya memberikan pengalaman kerja meski di masih duduk di bangku sekolah maupun masih berstatus mahasiswa, magang juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran secara langsung di industri kerja. Sehingga, membuatnya lebih mantab saat benar-benar memasuki dunia kerja.

    Selain itu, magang dapat meningkatkan skill atau keterampilan sesuai bidang jurusan atau keahliannya. Kemudian, magang juga akan mempercepat peserta magang, baik itu mahasiswa maupun siswa SMK memahami ilmu yang diperolehnya dalam bentuk praktik langsung.

    Biasanya, magang dilakukan di perusahaan berbagai bidang maupun industri yang disesuaikan dengan jurusan peserta magang. Namun tidak jarang pula, magang dilakukan di instansi pemerintahan, lembaga, hingga di yayasan.

    Perusahaan atau tempat magang berkewajiban menjamin program magang yang diikuti mahasiswa maupun siswa SMK berjalan lancar. Serta, memberikan nilai yang sesuai kinerja mahasiswa maupun siswa SMK selama mengikuti program magang di perusahaan tersebut.

    Salah jurusan yang mengharuskan siswa maupun mahasiswanya mengikuti program magang sebagai syarat khusus kelulusan, adalah jurusan atau program studi (prodi) Manajemen Pemasaran.

    Apa itu Manajemen Pemasaran?

    Manajemen pemasaran merupakan jurusan tentang perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, serta pengawasan sampai pada tahap evaluasi untuk setiap proses dalam pemasaran suatu produk baik barang maupun berbentuk jasa.

    Mahasiswa maupun siswa di jurusan ini akan mempelajari ilmu untuk mengembangkan target ataun jangkauan di pasaran. Selain itu, manejemen pemasaran juga terkait dengan perindustrian atau pergerakan suatu produk di pasaran hingga sampai kepada konsumen tentunya.

    Manajemen pemasaran juga mencakup tentang cara memahami setiap perilaku atau keinginan konsumen, dan dinamika konsumen, menganalisa permintaan di pasaran, teori untuk harga, melakukan pengenalan pada segmentasi di pasar, memilih metode serta media yang menjadi wadah promosi produk atau iklan, hingga pada aspek-aspek dalam marketing juga.

    Jurusan manajemen pemasaran menuntut mahasiswanya untuk berpikir kreatif dan inovatif, serta mampu mengikuti perkembangan tren serta teknologi. Dengan demikian, bisa dikatakan manajemen pemasaran sebagai faktor paling menentukan dalam mencapai target dan tujuan perusahaan.

    Pengetahuan, kemampuan, dan keahlian yang diperoleh jika mempelajari manajemen pemasaran adalah kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan observasi, analisis, problem solving, tekun, detail, hingga rasional.

    Manajemen pemasaran biasanya magang di perusahaan, maupun industri yang menghasilkan produk atau jasa. Di sana mahasiswa magang umumnya akan membantu memastikan pemasaran atau sistem marketing perusahaan dalam mencapai target pemasaran dan menjangkau konsumen dalam jumlah yang lebih luas lagi.

    Hampir setiap perguruan tinggi serta sekolah kejuruan membuka jurusan manajemen pemasaran ini. Kebanyakan kampus akan menyediakan lokasi magang bagi mahasiswa atau siswa kejuruan. Namun, tidak sedikit kampus yang membebaskan mahasiswanya dalam memiliki lokasi magang yang sesuai dengan jurusannya.

    Salah satu daerah yang membuka program magang adalah Kota Medan, Sumatera Utara. Seperti yang diketahui, Kota Medan merupakan kota berkembang. Perkembangan di Kota Medan juga sangat pesat di berbagai bidang, tidak terkecuali untuk sektor industri pemasarannya. Sehingga turut pula memberikan kesempatan untuk mahasiswa menjalankan program magang di salah satu kota terbesar di Indonesia itu.

    Sudah banyak perusahaan-perusahaan atau industri di Kota Medan yang membuka program magang dan menawarkan sejumlah keuntungan, serta kemudahan jika magang di perusahaan tersebut.

    Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada perusahaan yang menawarkan pekerjaan bagi mahasiswa magang, salah satunya Garuda Cyber Indonesia. Saat ini, Garuda Cyber Indonesia tengah membuka kesempatan magang untuk mahasiswa jurusan manajemen pemasaran di Medan.

    Perusahaan yang bergerak di bidang IT Software Development sejak 2013 ini siap melatih dan membimbing mahasiswa manajemen pemasaran untuk siap terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kamu hanya perlu melengkapi persyaratan dan mengikuti ketentuan yang diberlakukan Garuda Cyber Indonesia.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Medan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar