Sekdaprov Riau Dorong Tingkatkan Pengelolaan Pengaduan dan Kualitas Pelayanan Publik

Daftar Isi


     
    Foto: Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto.

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto berharap kehadiran SP4N-LAPOR dapat memberikan dorongan bagi peningkatan pengelolaan pengaduan pelayanan publik serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi Riau.

    Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri acara Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR) Provinsi Riau, Kamis (21/7/2022) bertempat di Ruang Rapat Melati, Kantor Gubernur Riau. 

    Hadirnya aplikasi SP4N-LAPOR ini, kata Sekda dibentuk dengan tiga tujuan mendasar, yakni Pertama, untuk mewujudkan penyelenggaraan yang dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik. 

    "Kedua, penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan yang Ketiga, meningkatkan kualitas pelayanan publik," ujar Sekda. 

    Lebih lanjut, SF Hariyanto mengatakan bahwa penanganan pengaduan yang efektif memberikan penyelesaian bagi masyarakat yang berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik.

    "Pengawasan pelayanan melalui pengaduan juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman ditengah-tengah masyarakat," ungkapnya. 

    Namun, disampaikan Sekdaprov Riau ini bahwa dalam praktik pengelola pelayanan publik disetiap organisasi penyelenggara belum terkelola secara efektif dan terintegrasi.

    SF Hariyanto juga menjelaskan bahwa dengan penerapan pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik sebagai bagian dari percepatan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

    Oleh karena itu, SF Hariyanto berharap SP4N-LAPOR dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Selain itu kepada para admin dan pengelola SP4N LAPOR dimasing-masing OPD untuk bekerja secara maksimal guna mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat khususnya Provinsi Riau. 

    "Pelayanan prima merupakan suatu cerminan tercapainya core values ASN BERAKHLAK sebagai fondasi budaya kerja bagi seluruh ASN di Indonesia," tutupnya. 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sekdaprov Riau Dorong Tingkatkan Pengelolaan Pengaduan dan Kualitas Pelayanan Publik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar