Kadivas dan Mantan Gubri Rusli Zainal Salat Idul Adha Bersama Warga Binaan

Daftar Isi

    Foto: Dok. Humas. (MCR) 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Mulyadi merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah bersama warga binaan dan petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Ahad (10/7/22). 

    Tampak satu di antara warga binaan yang mengikuti sholat Ied di Lapas Pekanbaru ini, mantan Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal. Diawali sholat Ied berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan pemotongan hewan qurban.

    Ustadz Maghfiroh yang didaulat sebagai khatib dan imam sholat menyampaikan beberapa pesan dan motivasi. Di antaranya taubat untuk memperbaiki diri dari kesalahan 

    "Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Orang yang bersalah masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri. Insha Allah, Tuhan akan mengampuni hambanya yang benar-benar bertaubat," kata Ustadz Maghfiroh.

    Khatib menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam kerasululannya. Awalnya adalah orang jahat dan menjadi musuh terbesar nabi. Namun diakhir perjalanan hidupnya, dengan hidayah dan ampunan dari Allah SWT, orang jahat tersebut bisa menjadi kekasih dan sahabat rasul.

    Mereka yang selama ini memusuhi Rasul, akhirnya menyadari kesalahannya. Kemudian meminta ampun karena kesalahannya. Taubat sungguh-sungguh tersebut, lalu diterima Allah, bahkan kemudian menjadi pembela panji Allah. 

    Selesai tertib sholat, Kadiv Pemasyarakatan berkesempatan menyampaikan sambutan. Dia mengajak seluruh jamaah untuk selalu bersyukur atas nikmat dan rahmat dari sang Maha Kuasa, termasuk masih diberikan kesehatan dalam merayakan Idul Adha Tahun 2022.

    "Ada nilai-nilai tauhid saat kita memperingati Hari Raya Qurban ini. Bagaimana kita meningkatkan ketaqwaan keikhlasan kepada Allah SWT serta kepedulian kita untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama. Habluminallah dan Habluminannas yang tak bisa kita pisahkan dalam kehidupan kita sebagai muslim yang baik," pesannya. 

    Mulyadi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia Idul Adha dan warga binaan yang turut menjaga keamanan dan ketertiban lapas selama ini. 

    "Hari Senin besok, kunjungan tatap muka bagi WBP akan dibuka di seluruh lapas/rutan di Riau. Mohon kita sama-sama jaga agar berjalan baik, aman dan kondusif. Ikuti aturan yang telah ditetapkan," tambahnya di depan WBP.

    Mulyadi kemudian turut menyaksikan penyembelihan hewan qurban. Hewan qurban yang disembelih cukup banyak, terdiri dari 6 ekor sapi, 8 ekor kerbau, dan 2 ekor kambing.

    Hewan qurban berasal dari WBP dan petugas lapas, juga bantuan Pemprov Riau serta Koperasi Pegawai.

    "Salut saya dengan WBP Lapas Pekanbaru, banyak yang ikut berqurban. Semoga istiqomah dan semakin banyak lagi WBP yang mau berbagi dengan sesamanya," ujar pria yang sebelumnya bertugas sebagai Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTT ini. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kadivas dan Mantan Gubri Rusli Zainal Salat Idul Adha Bersama Warga Binaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar