Ikuti Upacara Peringatan Hari Pancasila 2022, Wapres RI Pakai Baju Kurung

Daftar Isi


     
    Foto: Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama isteri saat mengikuti hari lahir Pancasila 2022
    .

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Dalam rangka memperingati Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (01/06/2022), Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengenakan setelan pakaian baju jurung, adat Melayu berwarna hitam dilengkapi kain songket emas yang membalut pinggang hingga ke bawah lutut.

    Ma'ruf tampak khidmat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di ruang tengah Kediaman Resmi Wapres. Turut mendampingi, Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin yang terlihat mengenakan kebaya putih dipadu kain selendang songket emas di pundaknya.

    Upacara yang digelar secara virtual ini, juga dapat disaksikan dari akun YouTube Sekretariat Presiden dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

    Saat upacara tersebut, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) bertindak selaku inspektur upacara dan yang bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Harfendi, sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infanteri Tunjung Setyabudi.

    Upacara ini diikuti oleh TNI-Polri, tenaga kesehatan dan juga pelajar. Secara virtual diikuti seluruh lembaga, kementerian, dan kepala daerah se-Indonesia.

    Selanjutnya, secara virtual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila, Sedangkan Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus sebagai Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945.

    Upacara virtual tersebut kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

    Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak segenap bangsa Indonesia di manapun berada untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    "Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua. Akan tetapi, pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian," ajak Jokowi. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ikuti Upacara Peringatan Hari Pancasila 2022, Wapres RI Pakai Baju Kurung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar