Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp621 T di APBN 2022

Daftar Isi

    Foto: Banggar DPR menyetujui usulan pemerintah menaikkan anggaran pendidikan sebesar Rp78,5 triliun menjadi Rp621 triliun di APBN 2022. Ilustrasi.

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Badan Anggaran (Banggar) DPR menyetujui usulan pemerintah untuk menaikkan alokasi anggaran pendidikan sebesar Rp78,5 triliun menjadi Rp621,3 triliun di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022.

    "Banggar DPR menyetujui penambahan anggaran pendidikan sebesar Rp78,5 triliun," ungkap Ketua Banggar DPR Said Abdullah saat rapat bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung DPR/MPR, Kamis (19/5), dilansir CNNIndonesia. 

    Banggar mengungkapkan persetujuan diberikan karena porsi belanja anggaran pendidikan sudah diatur secara konstitusional, yaitu sebesar 20 persen dari total pagu belanja negara di APBN.

    Sementara pemerintah baru saja meminta persetujuan kenaikan belanja negara di APBN 2022 sebesar Rp392,3 triliun dari Rp2.714,2 triliun menjadi Rp3.106,4 triliun.

    "Meningkatnya belanja negara mengikat secara konstitusional terhadap penambahan anggaran pendidikan. Ini untuk memenuhi mandatory 20 persen anggaran pendidikan terhadap belanja negara," jelas Said.

    Untuk itu, Banggar memberi persetujuan kenaikan anggaran pendidikan pada tahun ini. Harapannya, kenaikan anggaran bisa digunakan untuk pembiayaan pendidikan di pusat dan daerah.

    Salah satunya untuk mendukung program bantuan operasional sekolah (BOS) hingga wajib belajar 12 tahun.

    Secara rinci, kenaikan anggaran pendidikan akan dialokasikan untuk penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah pusat sebesar Rp30,6 triliun dan sisanya oleh pemerintah daerah Rp47,9 triliun.

    Sri Mulyani menambahkan kenaikan anggaran pendidikan bakal disebar ke sejumlah kementerian/lembaga. Artinya, tidak hanya untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

    "Anggaran di bidang pendidikan tidak hanya untuk Kemendikbud, tapi keseluruhan," pungkasnya.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp621 T di APBN 2022
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar