Info Untuk Lulusan SMK yang Ingin Melanjutkan Kuliah di Pekanbaru

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Siswa yang telah lulus SMK mendambakan bisa segera terjun langsung ke dunia kerja. Kendati demikian, ada juga yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

    Namun, ada beberapa hal yang musti diperhatikan bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Di antaranya adalah memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, sebaiknya pilihlah jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.

    Di Kota Pekanbaru telah tersedia sejumlah universitas yang tepat bagi lulusan siswa SMK. Bahkan berakreditasi A dan B. 

    Satu di antara universitas yang siap menampung lulusan SMK adalah Universitas Lancang Kuning (Unilak). 

    "Di Unilak tersedia 12 jurusan yang dapat di pilih bagi siswa lulusan SMK," kata Wakil Rektor I Unilak Bidang Kemahasiswaan," Zamzami.M.Kom, Rabu (11/5/2022). 

    Dijelaskan dia, 12 jurusan yang ada di Unilak peminatnya terus tumbuh, bahkan menjadi pilihan utama bagi lulusan SMK di Riau bahkan di luar Riau.

    "12 jurusan yang cocok bagi siswa SMK ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium, perpustakaan, dan lain lain," ucapnya. 

    Adapun 12 jurusan itu adalah, Akutansi dengan akreditasi A, Manajemen akreditasi B, Arsitektur akreditasi B, Teknik Sipil akreidtasi B, dan Teknik Elektro akreditasi B. 

    Kemudian, jurusan Desain Interior akreditasi Baik, Agroteknologi akreditasi B, Agribisnis akreditasi B, Kehutanan akreditasi B. 

    Lalu, jurusan Sistem Informasi akrditasi B, Teknologi Informasi akreditasi B, dan Bisnis Digital akreditasi Baik. 

    Dalam rangka mendukung program Vokasi Kemendikbud Ristek, Unilak memberikan potongan uang pengembangan sebesar Rp. 600.000. 

    "Sejak tahun 2020 Unilak telah ditetapkan sebagai Kampus Perguruan Tinggi Pendamping bagi sekolah yang ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan yang digagas oleh Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek," jelasnya. 

    "Implementasi dari program itu, imbuhnya, Unilak telah melakukan kerjasama dengan sekolah kejuruan di Riau dan Kepri, di antaranya SMK Taruna Persada Dumai, SMK 1 Kempas. 

    "Bagi lulusan SMK dengan kuliah di Unilak satu di antara manfaatnya adalah peluang untuk cepat tamat terbuka karena mata pelajaran/kuliah telah selaras saat di sekolah dan kuliah, dan semakin kompeten," bebernya. 

    Zamzami bersyukur lulusan SMK banyak kuliah di Unilak. Bahkan beberapa mahasiswa ada yang berasal dari Sumbar, Sumut, Jambi, Aceh, Kepri, dan pulau Jawa. 

    Disebutkan dia, ketika tamat lulusan Unilak mampu diserap dunia Industri. Bahkan, ada yang bekerja di perusahaan teknologi Internasional.  

    Pihaknya juga memberikan potongan diskon uang pengembangan diberikan khusus bagi siswa lulusan SMK. 

    "Kami mengajak siswa lulusan SMK untuk dapat kuliah di Unilak dengan memilih jurusan yang diminati, dengan memilih jalur SMK Bisa. Proses pendaftarannya di mulai dari 2 April-1 Juli 2022," tandasnya. 

     

    (Mediacenter Riau/jep)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Info Untuk Lulusan SMK yang Ingin Melanjutkan Kuliah di Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar