Viral Dimedia Sosial Jembatan Hampir Roboh, Ini Komentar Pemda Inhil

Daftar Isi

    Foto: Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Umar ST. MT saat dimintai keterangan di Wisata Pantai Terumpu Mabloe. (Dok lancangkuning.com) 

     


    Lancang Kuning, INHIL - Sebuah insiden mobil angkutan yang berada di Kelurahan Sungai Piring yang berada di, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir bikin heboh masyarakat hingga viral di media sosial.

    Dari foto yang terlihat, hampir setengah badan mobil telah keluar dari jembatan yang sebenarnya sudah sangat lama kondisinya.

    Tidak hanya banyak postingan di media sosial terkait hal itu, seorang netizen bahkan nekat mengirim foto dan permintaan kepada Presiden Joko Widodo.

    Dilihat dari postingan akun facebook Adi Fahrizal, Rabu 27 April 2022, Adi Fahrizal membagikan screenshoot pengiriman foto kejadian mobil tersebut kepada akun facebook Presiden Joko Widodo.

    "Assalamualaikum..wr.wb. dengan segala hormat buat Bapak Presiden, tolong difollow up pak kepada pihak terkait/ terjunkan anggota dari Kementerian PUPR, masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, tentang adanya infrastruktur yang rusak namun sampai saat ini belum mendapat perbaikan lebih dri 10 tahun, mohon untuk perhatiannya pak, terima kasih,"


    Foto: Kondisi jembatan yang dilewati pengendara sepeda motor 


    Demikian bunyi permintaan yang disampaikan netizen kepada orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

    Postingan ini mendapat perhatian dari pengguna media sosial lainnya.

    Sebuah akun bernama Arie Agusta, berkomentar "ke Bupati pank sudah kah di inbox jua"

    Sementara seorang netizen lainnya memngatakan jika kondisi jembatan itu bukannya tidak diketahui oleh para pejabat di Inhil.

    "Bukanya... petinggi di Inhil itu tidak tau tapi tidak.. pasti kalau ditanya itu bukan urus kewenangan kabupaten.. emang selama ini tidak pernah dilaporka ke provinsi.. bahwa jembatan itu telah memperhatinkan," ungkap Sabar Muzazin .

    Sedangkan akun facebook Gapleh Salam Alaika justru menyarankan pemerintah untuk membuka donasi guna memperbaiki jembatan tersebut.

    "Kalau pemda tidak ada anggarannya, buka aja iuran di media sosial, Insya Allah aku siap aja ikut dapatkan," tulis Akun Facebook Gapleh Salam. 

    Menanggapi fenomena ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Umar ST. MT membenarkan kondisi jembatan tersebut dalam kondisi rusak.

    "Tapi masih bisa dilewati dengan keterbatasan muatan dan jenis kendaraan," kata Umar saat dikonfirmasi melalaui nomor Whatsappnya, Rabu 27 April 2022.

    Untuk itu, Umar menghimbau kepada para pengendara untuk berhati-hati saat melewati jembatan itu agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

    Sebagaimana diketahui, ruas jalan dari Sungai Luar menuju Sungai Piring hingga Teluk Pinang merupakan jalan provinsi, namun ternyata jalan provinsi tidak sampai dilokasi jembatan tersebut, jadi jembatan itu masih kewenangan kabupaten.

    "Karena jembatan itu diluar kewenangan provinsi maka tetap kewenangan kabupaten, tapi kami tetap berkoordinasi dengan provinsi, sebab pada ruas yang direncanakan provinsi belum dibangun jembatan oleh provinsi di lokasi relokasi tersebut," jelas Umar.

    Karena itu, jembatan itu seharusnya sama-sama tanggung jawab antara kabupaten dan provinsi agar  sepanjang ruas  jalan tersebut bisa fungsional.

    "Sementara untukk kita nangani sendiri jembatan tersebut, anggaran kita di kabupaten sangat terbatas, mari sama-sama kita mendorong agar semua pihak terkait nasional dan provinsi ikut memperhatikan daerah kita ini," tutupnya. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral Dimedia Sosial Jembatan Hampir Roboh, Ini Komentar Pemda Inhil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar