Ini yang dilakukan Dinkes Provinsi Riau terkait Kesiapan Mudik Lebaran

Daftar Isi

     

    Ini yang dilakukan Dinkes Provinsi Riau terkait Kesiapan Mudik Lebaran

    Kepala Dinkes Riau, Zainal (kanan) didampingi Kasi Promosi Kesehatan, Rozita ketika memberikan keterangan pers, Selasa (26/4/2022) di Pekanbaru.

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Berkaitan penyelenggaraan kesehatan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah/2022 Masehi, Pemprov Riau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan sejumlah persiapan.

    Adapun persiapan yang dilakukan Dinkes Riau di antaranya, mengimbau seluruh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/Kota di Riau agar membuka Pos dan memberikan pelayanan 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit.

    "Kami telah mengimbau kepada Kepala Dinas Kesehatan di kabupaten/kota untuk dapat melakukan koordinasi dalam rangka penyelenggaraan kesehatan terkait arus mudik lebaran," kata Kepala Dinkes Riau, Zainal, Selasa (26/4/2022) di Pekanbaru.

    Zainal membeberkan ada 8 persiapan penyelenggaraan kesehatan terkait arus mudik lebaran. Adapun persiapan yang dilakukan sebagai berikut :

    1. Berkoordinasi dengan Pos keamanan di setiap titik-titik Posko Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M dan memberikan pelayanan kesehatan, Ambulans dan Vaksinasi Booster pada H-7 tanggal 25 April 2022 sampai dengan H + 7 tanggal 09 Mei 2022.

    2. Pembukaan Pos bertujuan untuk memberikan pelayanan Kesehatan 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit sepanjang arus mudik, mudik balik dan lokasi wisata, termasuk pelayanan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta untuk antisipasi rujukan kasus kecelakaan dan gangguan kesehatan lainnya.

    3. Puskesmas dan Rumah Sakit tidak boleh menolak pasien.

    4. Mengaktifkan PSC 119 disetiap titik-titik apabila terjadi gangguan kesehatan.

    5. Memberikan promosi kesehatan berupa spanduk dan himbauan untuk mengikuti protokol kesehatan

    6. Membantu pihak perhubungan dalam memeriksa kesehatan pengemudi.

    7. Apabila terjadi situasi bencana akan dan KLB agar berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

    8. Menyampaikan laporan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Cq Riny Handayani (HP 082171261379) dan Rahmatul Husna (HP 085271661140). Form pelaporan (terlampir).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini yang dilakukan Dinkes Provinsi Riau terkait Kesiapan Mudik Lebaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar