Prodi PG PAUD Terbaik Di Kota Padang

Daftar Isi



    Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
    Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
    No Telp : 085265280997

    Lancangkuning.com - Seiring perkembangan bidang pendidikan di tanah air, kebutuhan akan tenaga pengajar semakin menjadi suatu keharusan demi mencerdaskan anak bangsa. Bahkan saat ini, untuk menjadi seorang guru di tingkat pendidikan usia dini atau Taman Kanak-kanak harus memenuhi syarat dan kualifikasi tertentu.
    Maka, tidak heran jika lembaga sekolah tinggi ilmu pendidikan dan perguruan tinggi negeri maupun swasta berperan penting dalam mencetak seorang guru yang bukan hanya mengajar namun juga memberikan didikan dengan baik kepada anak-anak usia dini.

    Karena, usia dini merupakan saat-saat anak mengalami perkembangan untuk segala aspek. Sehingga, dibutuhkan ajaran hingga didikan terbaik agar ke depan sang anak tumbuh menjadi manusia yang berguna dengan perilaku-perilaku baik di tengah masyarakat.

    Melalui program studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta menerima calon mahasiswa yang berbakat menjadi seorang guru dan berminat untuk mengajar dan mendidik anak-anak usia dini.

    Kenali Prodi PG PAUD
    di balik kemajuan suatu bangsa tentunya ada pendidikan yang baik. Sehingga segala bentuk pendidikan dan ajaran yang baik harus diberikan kepada anak-anak negeri ini bahkan sedari dini. Tak hanya membutuhkan peran orangtua, ajaran-ajaran dari guru di sekolah juga berperan besar dalam tumbuh, kembang, dan kecerdasan seorang anak.

    Bagi kamu yang ingin mengabdikan diri untuk mendidik dan mencerdaskan anak-anak berusia dini di tanah air, prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) adalah jurusan yang tepat untuk menjadi mewujudkan cita-cita kamu. Jurusan PG PAUD, merupakan program studi yang mengajarkan kamu untuk memahami segala aspek di dunia anak-anak. 

    Kendati jurusan ini masih dipandang sebelah mata oleh beberapa orang, kenyataannya berkuliah PG PAUD tidak semudah yang dibayangkan. Di sini, kamu dituntut untuk dapat menguasai banyak bidang disiplin ilmu yang tentunya dibutuhkan untuk mengajar anak-anak usia dini.

    Kamu akan diajarkan pelajaran mulai dari bahasa, psikologi, olahraga, bahkan ilmu gizi. Melalui materi-materi kuliah tersebut, diharapkan kamu sebagai calon guru yang berkualitas serta profesional untukmengajar dan memberikan didikan terbaik bagi anak-anak usia dini.

    Selain ilmu-ilmu parenting, keahlian lainnya yang bisa kamu dapatkan jika kuliah jurusan PG PAUD yakni kemampuan dalam berkomunikasi, berpikir secara kreatif, keahlian observasi, kemampuan memahami kanak-kanak, dan kemampuan untuk interpersonal.

    Keuntungan Kuliah Prodi PG PAUD
    Selain berkesempatan menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak di usia dini, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh. Di antaranya adalah sebagai berikut:

    Pertama, guru PAUD yang memenuhi kualifikasi seperti standar tingkat pendidikan sarjana di tanah air saat ini masih rendah. Bahkan, hal ini masih menjadi kendala dan masalah yang tak kunjung tuntas bagi sebagian lembaga PAUD. 

    Untuk ini, kamu berperan penting dengan ikut serta dan menjadi bagian dari tenaga pengajar PAUD berkualitas dengan pendidikan sesuai standar kualifikasi pemerintah.

    Kedua, ilmu dan pengetahuan yang kamu peroleh saat di bangku kuliah PG PAUD bukan cuma terkait dunia anak-anak dan cara mendidiknya. Disiplin ilmu lainnya yang bisa kamu dapatkan mulai dari psikologi anak, filsafat, statistik, hingga ilmu seni seperti tari dan musik, serta lain sebagainya.

    Ketiga, menariknya lagi, ilmu dari bangku kuliah PG PAUD juga bisa kamu manfaatkan dalam kehidupan pribadi ke depan. Misalnya, memanfaatkan ilmu parenting dari kuliah untuk memberikan didikan kepada anak sendiri.

    Karir untuk Lulusan Prodi PG PAUD
    Jurusan PG PAUD tak hanya memberikan kesempatan untuk menjadi seorang guru khusus anak-anak usia dini. Masih banyak peluang karir lainnya untuk lulusan PG PAUD, di antaranya adalah sebagai berikut:

    1.    Konselor Anak
    Berkarir sebagai konselor anak adalah salah satu pilihan selain menjadi guru yang dapat dijalani lulusan prodi PG PAUD. Materi-materi kuliah yang kamu peroleh saat di bangku kuliah sangat berkaitan dengan pekerjaan ini.

    Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konselor anak adalah kemampuan berkomunikasi secara efektif bagi anak. Sehingga, kamu dapat membantu anak-anak menyelesaikan masalahnya.

    2.    Kepala Daycare
    Daycare atau pada umumnya disebut sebagai tempat untuk pengasuhan anak-anak. Sebagai seorang kepala daycare kamu bertanggung jawab dalam segala aktivitas yang berlangsung saat anak dititipkan di daycare, termasuk memastikan semuanya berjalan sesuai prosedur..

    3.    Wirausaha
    Berwirausaha atau membuka usaha sendiri di bidang lembaga pendidikan, seperti PAUD sebenarnya bukan ide yang baru lagi. Dengan ilmu, keahlian dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah jurusan PG PAUD  kamu juga berpeluang untuk membuka lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Kamu hanya harus menyesuaikan dengan sumber daya baik berupa biaya maupun tenaga yang dibutuhkan serta potensi di pasaran.

    Prodi PG PAUD di Universitas Adzkia
    Untuk menjadi seorang guru PAUD, tentunya dibutuhkan pendidikan berkualitas, sehingga pemilihan prodi hingga perguruan tinggi harus dipertimbangkan. Nah, prodi PG PAUD di Universitas Adzkia bisa jadi pilihan sebagai gerbang untuk menjadi seorang guru PAUD berkualitas dan berkulifikasi sesuai standar pemerintah, terutama bagi kamu yang ingin berkuliah di Kota Padang, Sumatera Barat.

    Universitas Adzkia didirikan di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB), yang awalnya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) sehingga sangat fokus untuk mencetak tenaga pengajar berkualitas, profesional, dan berkarakter Islami.

    Prodi PG PAUD yang diasuh Universitas Adzkia sebelumnya bernama Pendidikan Guru Tanak Kanak-kanak Islam (PGTKI) yang berdiri pada 1994. Seiring perkembangannya, STKIP dan Prodi PGTKI kini telah menjadi sebuah perguruan tinggi swasta terkemuka yang menaungi Prodi PG PAUD di Kota Padang.

    Visi dan Misi Prodi PG PAUD Universitas Adzkia
    Sejalan arah perkembangannya, jati diri serta tantangan yang haru di hadapi di masa depan, Universitas Adzkia melalui Prodi PG PAUD, yakni menjadi prodi yang unggul guna menghasilkan guru PAUD berkarakter Islami dan cerdas, serta dapat menguasai IPTEKS.

    Agar visi tersebut terwujud, Universitas Adzkia melalui Prodi PG PAUD mengemban misi sebagai berikut:
    1.    Menyelenggarakan pendidikan anak usia dini (PAUD) profesional serta berkompetensi sebagai guru di bidang PAUD dan sesuai kebutuhan di daerah maupun perkembangan di bidang pengetahuan hingga seni.
    2.    Menyelenggarakan proses belajar terpadu yang diintegrasikan dengan pengetahuan secara umum dan nilai-nilai Islami.
    3.    Membangun pembelajaran dengan lingkungan yang berpola membentuk karakter Islami.
    4.    Melakukan pengkajian dan penelitian di bidang pendidikan anak-anak usia dini yang mengarah pada pembentukan kepribadian Islami.
    5.    Mengabdi kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini agar terwujud masyarakat yang madani.

    Lulusan PG PAUD Universitas Adzkia dapat berkesempatan mengajar di tiga lembaga, yakni TK atau RA, Taman Pengasuhan Anak (TPA) dan Kelompok Bermain (KB). Selain itu, Universitas Adzkia mencetak pendidik PAUD profesional untuk pembelajaran sentra, kelompok, maupun tematik.
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prodi PG PAUD Terbaik Di Kota Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar