Jurusan Teknik Industri Terbaik di Kota Padang

Daftar Isi



    Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
    Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
    No Telp : 085265280997

    Lancangkuning.com
    - Menjelang penerimaan mahasiswa baru yang tidak lama lagi akan dibuka di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di tanah air. Jadi, sudah saatnya pula bagi para siswa yang sebentar lagi akan menjadi calon mahasiswa untuk memikirkan hingga mempertimbangkan segala hal terkait jurusan serta perguruan tinggi yang dipiliha nantinya.

    Sebab, memilih jurusan dan perguruan tinggi tidak bisa diputuskan dengan asal-asalan. Di antaranya, dengan memilih jurusan sesuai minat dan bakat, serta cita-cita yang ingin kamu jalani sebagai karir di masa depan.

    Namun, salah satu program studi (Prodi) yang setiap tahunnya selalu mendapat peminat terbanyak di hampir seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta adalah jurusan terkait ilmu teknik, satu di antaranya teknik industri.

    Jika sebuah gedung tingkat tinggi dibangun lulusan jurusan teknik sipil dan pembangkit listrik dikerjakan oleh sarjana teknik elektro. Maka, teknik industri berperan penting dalam pengolahan, proses produksi, serta ekonomi menggunakan pendekatan ilmu matematika.

    Teknik industri merupakan ilmu yang mempelajari rancang desain, pembuatan sistem optimalisasi kegiatan kerja manusia, dan perbaikan. Namun dari segi harfiah, jurusan ini adalah ilmu interdisipliner tentang seluk-beluk proses industri dan juga mengarah kepada manajemen.

    Untuk mempelajari teknik industri, ilmu matematika sangat dibutuhkan. Meski hanya mempelajari matematika dasar seperti statistik, untuk jurusan ini agar dapat membuat perhitungan secara detil dan menganalisis sesuai kebutuhan di pabrik industri.

    Para mahasiswa di jurusan teknik industri diwajibkan memahami segala aspek di sektor industri saat lulus nanti. Karena itu, mahasiswa prodi ini diperkenalkan pula dengan berbagai dasar-dasar dari banyak disiplin ilmu sebagai basis dalam pembelajaran.

    Mengapa Harus Masuk Jurusan Teknik Industri?
    Di jurusan teknik industri kamu tidak akan merasakan bosan dengan berbagai ilmu teknik yang bukan hanya tentang industri, tapi juga termasuk manajemen serta manajemen. Selain itu, ada beberapa alasan menarik yang membuat kamu memutuskan masuk kuliah jurusan teknik industri.

    1.    Tidak selalu tentang teknik
    Jurusan teknik industri memang bertujuan mencetak lulusan terbaik yang mampu menggunakan serta memanfaatkan tenaga sumber daya manusia, material, mesin, enegeri dan informasi dengan efektif sebagai  faktor dasar untuk proses industri agar menghasilkan produk maupun layanan jasa.

    Sehingga, ilmu yang dipelajari di jurusan ini tidak selalu tentang teknik maupun teknologi, tapi juga terkait manajemen, bisnis dan keuangan. Bahkan, kamu juga akan diajarkan ilmu mesin serta informatika yang dibutuhkan pula dalam industri.

    2.    Banyak keterampilan dan kompetensi
    Banyaknya ilmu yang harus dipelajari di bangku kuliah teknik industri, secara otomotis turut membekali kamu dengan berbagai bidang keterampilan dan kompetensi. Terutama, keterampilan serta kompetensi yang dibutuhkan dalam mengembangkan suatu sistem industri.

    3.    Bidang keahlian sesuai bakat
    Mahasiswa jurusan teknik industri memang dituntut untuk menguasai berbagai pengetahuan terkait proses industri, tapi pada umumnya teknik industri dibagi menjadi tiga bidang keahlian yakni sistem industri, manufaktur, dan tekno ekonomi dan manajemen industri.

    Sehingga, kamu dapat memilih untuk lebih menekuni satu bidang sesuai minat dan keahlianmu.

    4.    Luasnya bidang pekerjaan
    Setelah membekali diri dengan pengetahuan, keahlian dan keterampilan di berbagai bidang, prospek kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus kuliah teknik industri akan sangat luas.

    Setidaknya, lima sektor industri siap menerima kamu sebagai tenaga ahli di perusahaannya. Yakni, industri pengolahan, perminyakan dan pertambangan, informasi dan komunikasi, serta perusahaan di sektor asuransi atau jasa keuangan.

    5.    Peluang Jadi Pengusaha Terbuka Lebar
    Tidak hanya memiliki kesempatan berkarir di perusahaan dan industri, lulusan teknik industri ternyata punya bekal yang mumpuni untuk menjadi seorang pengusaha. 

    Berbekal ilmu teknik yang lengkap serta keahlian manajemen, kamu cukup kuat untuk bekerja secara mandiri dan mendirikan usaha sendiri. Dengan membuka usaha sendiri, artinya kamu turut memberikan lapangan pekerjaan bagi lulusan lainnya.

    Peluang Kerja untuk Lulusan Teknik Industri
    Sarjana teknik industri punya kesempatan dan peluang kerja yang luas untuk berkarir di berbagai bidang, seperti pertambangan, perminyakan, otomotif, dan sebagai tenaga ahli perusahaan.

    Bukan cuma itu, ada sejumlah peluang kerja lainnya untuk lulusan teknik industri. Berikut di antaranya:
    1.    Engineering Manager
    Pertama, lulusan teknik industri berpeluang untuk bekerja sebagai engineering manager. Tugas utama engineering manager ialah mengarahkan unit usaha perusahaan agar berjalan secara efektif sesuai perencanaan dan memberikan keuntungan.

    2.    Project Manager
    Peluang kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk berkarir setelah lulus sebagai sarjana teknik industri nanti adalah project manager. Project manager bertanggung jawab dalam memastikan penggarapan proyek sudah berjalan sesua perencanaan anggaran hingga hasilnya.

    3.    Produk Analis
    Berikutnya adalah peluang untuk bekerja sebagai produk analis yang dibutuhkan di berbagai sektor industri. Produk analis bertugas dalam menganalisis produk serta memastikan kualitasnya, juga melakukan pemeliharaan peralatan untuk produksi.

    4.    Quality Controller
    Jika kamu berminat untuk bekerja sebagai quality controller, tugas dan tanggung jawabmu ialah melakukan uji kelayakan produk sebelum dipastikan siap untuk diedarkan di pasaran. Kamu juga bertugas membuat rinciannya dalam bentuk laporan agar dapat disampaikan kepada manajer produksi.

    5.    Spesialis Logistik
    Terakhir adalah spesialis logistik yang berperan penting dalam memastikan bahan baku selalu tercukupi dan memelihara alat-alat produksi. Kamu bertanggung jawab untuk segala hal terkait bahan baku, produksi, pasokan, dan akhirnya hasil produksi sampai di tangan konsumen.

    Kuliah Teknik Industri di Universitas Adzkia
    Bagaimana? Berminat kuliah di jurusan teknik industri? Nah, Universitas Adzkia jadi pilihan yang tepat untuk kamu, terutama jika kamu ingin berkuliah di Kota Padang.

    Universitas Adzkia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat yang sudah mengantongi akreditasi dari Badan Akredirasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) beserta prodi-prodi di bawah naungannya. Sebelumnya, Universitas Adzkia adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang tentunya fokus pada ilmu pendidikan dan mencetak guru terbaik.

    Namun, kampus yang berada dinaungi Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB) ini telah berkembang sangat pesat dengan dibukanya program studi (Prodi) yang berkaitan dengan ilmu teknologi dan informasi, seperti jurusan teknik industri.

    Di era digitalisasi ini Universitas Adzkia bertekad untuk mencetak lulusan-lulusan yang mampu bersaing di tengah revolusi industri 4.0 dengan kemampuan dan keahlian di bidang teknologi dan informasi.

    Fasilitas Universitas Adzkia
    Kampus dengan gedung megah yang berdiri sebagai perguruan tinggi di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini memfasilitasi para mahasiswanya dengan sarana dan prasarana yang membantu perkuliahan maupun kegiatan mahasiswa lainnya, antara lain ialah sebagai berikut:

    1.    Perpustakaan
    2.    Laboratorium Microteaching
    3.    Laboratorium Bahasa dan Komputer
    4.    Laboratorium IPA
    5.    Laboratorium PAUD
    6.    Adzkia Convention Center
    7.    Free internet

    Kampus yang mengasuh jurusan teknik industri ini, juga memfasilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan bakat dan potensi diri, baik di bidang seni maupun olahraga. Yakni  sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan olahgara yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond. 
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Teknik Industri Terbaik di Kota Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar