Yuk Bikin di Rumah, 4 Pilihan Segar Menu Buka Puasa

Daftar Isi

    Foto: Banana Milkshake. (thespruceeats.com)


     

    Lancang Kuning – Di bulan Ramadhan, tubuh rentan mengalami kekurangan cairan dengan cuaca yang panas terik ditambah segudang aktivitas yang harus dilakukan saat puasa.

    Untuk itu, butuh sajian tepat untuk dikonsumsi ketika buka puasa untuk menggantikan cairan yang hilang seperti kurma, susu, dan buah-buahan manis. 

    Empat resep menu buka puasa ini berasal dari 3 jenis sumber makanan itu sangat tepat untuk menggantikan cairan di tubuh lantaran memiliki pemanis alami sehingga baik dikonsumsi.

    Susu dan kurma sendiri memiliki berbagai manfaat. Apa aja? Yuk intip resepnya yang dikutip dari keterangan pers MilkLife: Bikin Kenyang dan Redakan Dahaga Kandungan protein tinggi dalam susu membuat perut kenyang lebih lama saat berpuasa.

    Sedangkan Kurma yang kaya akan mineral dapat membantu kamu agar tak cepat haus saat berpuasa. Kadar serat yang tinggi dalam buah Kurma juga akan membantumu menahan rasa lapar lebih lama.

    Jadi, kita disarankan untuk mengonsumsi 3 butir buah Kurma saat saur untuk penahan haus dan 3 butir setelah berbuka untuk pulihkan kandungan mineral dalam tubuh! Jaga Kekebalan Tubuh Kandungan selenium dalam susu dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama berpuasa, dan berperan juga sebagai antioksidan, Menjaga Kekuatan Tulang dan Sumber Vitamin Susu murni mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta otot.

    Susu juga kaya akan vitamin yang dapat melengkapi nutrisi dalam tubuh. Mudah Dicerna Kurma yang kaya serat membuatnya cocok untuk dikonsumsi selama puasa. Karena kandungan gizi dan nutrisi kurma akan memulihkan kembali energi yang telah hilang dalam tubuh tanpa mengagetkan perut yang sedang kosong.

    Mengembalikan Energi Selepas puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna untuk lebih cepat kembalikan energi dalam tubuh. Karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna oleh tubuh, hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa lho, Milk People.

    Nah, Ramadan ini saatnya #BeraniMinumSusu agar nutrisi dan gizi dalam tubuh selalu terjaga dengan susu rasa Kurma yang akan membuat puasamu lebih nyaman. Berikut resep buka puasa dengan paduan susu, kurma, dan buah segar.

    Setup Roti Susu Kurma Bahan: 5-6 lembar roti tawar 500 ml susu kurma 200 ml air 3 sdm kental manis 65 ml santan 4sdm gula Garam secukupnya Keju sesuai selera 1 sdt vanili bubuk 2,5 sdm maizena, larutkan 100 gr kurma, potong kecil-kecil Cara membuat: Potong roti tawar jadi dua bagian.

    Campur seluruh bahan hingga rata. Masak sampai mendidih dan mengental. Masukkan roti tawar ke bagian dasar wadah dan lapisi dengan adonan, tutup dengan roti lagi lalu ulangi langkah tersebut sampai habis. Tabur parutan keju sesuai selera.

    7 Masukkan ke kulkas hingga dingin sebelum menyajikan. Es Susu Kurma Buah Naga Bahan: 250 ml Susu Kurma 2sdm simple syrup 1/2 buah naga Es batu secukupnya Cara Membuat: Potong-potong daging buah naga bentuk dadu.

    Tuang susu rasa kurma ke dalam gelas, tambahkan simple syrup dan aduk rata. Kemudian masukkan buah naga dan es batu, aduk rata perlahan. Sajikan. Banana Milkshake Bahan: 1/2 sdt vanili bubuk 1 buah pisang barangan 1 sdm gula pasir 1 sdm susu kental manis 150 ml susu Lactose Free Es batu secukupnya Cara Membuat: Hancurkan es batu hingga menjadi kepingan kecil-kecil.

    Ambil 200 ml es batu, lalu masukkan ke dalam blender. Potong pisang kecil-kecil lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan susu segar Lactose Free, susu kental manis, gula pasir, dan vanili bubuk. Blender hingga semua bahan menjadi halus. Tuang dalam gelas dan siap dinikmati.

    Es Susu Semangka Bahan: 1/4 buah semangka tanpa biji, 4 potong dadu kecil 600 ml susu segar Lactose Free 150 ml sirup frambos/cocopandan Es batu secukupnya Cara Membuat: Campur buah semangka, susu cair dan juga sirup frambos. Jika dirasa terlalu manis tambahkan air putih secukupnya. Kemudian tambahkan es batu. Es susu semangka siap disajikan selagi dingin. (LK)


     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Minggu, 3 April 2022 - 10:42 WIB
    Judul Artikel : Yuk Bikin di Rumah, 4 Pilihan Segar Menu Buka Puasa
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1463287-yuk-bikin-di-rumah-4-pilihan-segar-menu-buka-puasa?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Donny Adhiyasa,Diza Liane Sahputri

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Yuk Bikin di Rumah, 4 Pilihan Segar Menu Buka Puasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar