Biden akan Berpidato di Polandia, Serukan Dunia Bersatu Melawan Putin

Daftar Isi

    Foto: Presiden AS, Joe Biden. (AP Photo/Patrick Semansky)

     

    Lancang Kuning – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, akan berargumen dalam pidatonya di Polandia pada Sabtu bahwa "dunia yang merdeka" menentang invasi Rusia di Ukraina.

    Dia juga akan menegaskan adanya persatuan di antara negara-negara ekonomi terbesar untuk menghentikan Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Gedung Putih.

    Setelah tiga hari menghadiri pertemuan dengan negara-negara sekutu di G7, Dewan Eropa dan NATO, serta mengunjungi pasukan AS di Polandia, Biden akan bertemu Presiden Polandia Andrzej Duda.

    Usai terpilih sebagai presiden AS, Biden berjanji untuk memulihkan demokrasi di negaranya dan menyatukan negara-negara demokrasi untuk melawan para autokrat, termasuk Putin dan Presiden China Xi Jinping.

    Invasi Putin di Ukraina pada 24 Februari telah menguji janjinya itu dan memicu kemungkinan munculnya Perang Dingin baru, tiga dekade setelah Uni Soviet runtuh.

    Biden "akan menyampaikan pidato tentang upaya-upaya bersama dunia yang merdeka untuk mendukung rakyat Ukraina, menuntut tanggung jawab Rusia atas perang brutalnya, dan memperjuangkan masa depan yang didasari prinsip-prinsip demokratis," kata Gedung Putih dalam pernyataannya.

    Pidato itu akan disampaikan di Warsawa, Polandia, yang pernah berada di bawah pengaruh Soviet selama empat dekade dan menjadi anggota aliansi pertahanan Pakta Warsawa, seteru NATO. (Ant/Antara)



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:54 WIB
    Judul Artikel : Biden akan Berpidato di Polandia, Serukan Dunia Bersatu Melawan Putin
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/dunia/1461189-biden-akan-berpidato-di-polandia-serukan-dunia-bersatu-melawan-putin?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Daurina Lestari

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Biden akan Berpidato di Polandia, Serukan Dunia Bersatu Melawan Putin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar