Cegah Stunting, Ini Himbauan Wagubri Kepada Remaja Riau

Daftar Isi

    Foto: Audiensi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau dengan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Maraknya pernikahan dini tentu mengkhawatirkan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan anak, sehingga sangat mungkin terjadinya stunting atau gagal tumbuh. 

    Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak berusia dibawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis pada seribu hari pertama kehidupan. 

    Menurut studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satu penyebab masalah stunting di Indonesia adalah maraknya pernikahan dini, apalagi banyak orang yang menganggap pernikahan dini sebagai hal biasa. 

    Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, menghimbau remaja Riau untuk menikah diusia yang tepat atau minimal usia 21 tahun pada wanita dan 25 tahun pada pria, karena pada usia di bawah itu, organ reproduksi perempuan masih mengalami perkembangan sehingga belum siap mengalami kehamilan. 

    "Menikahlah diusia yang terpat," kata Edy Nasution, saat audiensi dengan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau, di Rumah Dinas Wakil Gubernur Riau, Senin (21/3/2022). 

    Selain itu, terapkan pola hidup sehat. Hal ini dilakukan guna mencegah infeksi pada kehamilan. Penting untuk diketahui bahwa infeksi dari bakteri, virus, atau parasit tertentu yang dialami ibu hamil dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti pertumbuhan janin yang tertunda atau cacat lahir. 

    "Lalu konsumsilah tablet penambah darah agar terhindar dari anemia," ujar Edy Nasution.

    Edy Nasution juga menghimbau supaya remaja memeriksakan kesehatan minimal 3 bulan sebelum menikah. 

    "Ayo, pemuda Riau cegah stunting sebelum genting agar kelak melahirkan generasi yang bebas dari stunting," ajak Edy Nasution. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cegah Stunting, Ini Himbauan Wagubri Kepada Remaja Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar