Kakanwil Kemenag Riau Usulkan Karantina Jamaah Umrah di Asrama Haji Pondok Gede

Daftar Isi

    Kepala.Kantor Wilayah Agama Riau Mahyudin

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Meski sejauh ini Pemerintah telah menetapkan 143 hotel untuk karantina jamaah umrah yang baru pulang dari Tanah Suci.

    Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau Mahyudin mengusulkan sebaiknya jamah umrah yang baru pulang dari Tanah Suci dikarantina di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta.

    Ini adalah upaya untuk tidak membebani jamah umrah. Mengingat, karantina selama tujuh hari di hotel ini harus ditanggung jemaah itu sendiri.

    “Surat permohonan itu semata-mata untuk menghemat biaya jemaah. Kalau boleh proses karantina dilakukan di asrama hari, tentu ini akan lebih bagus sekali,” terangnya.

    Dia pun menegaskan, bahwa sesuai ketentuan berlaku bahwa proses karantina untuk jamaah pulang umrah tidak dibenarkan dilakukan di provinsi.

    “Wajib hukumnya, mereka (para jamaah pulang umrah) di karantina di Jakarta. Di hotel-hotel yang telah disediakan,” tegas Mahyudin.

    Permintaan ini sudah dikirimkan pihak Kemenag dan asosiasi telah layangkan surat ke Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

    Dalam surat tersebut, meminta akan diberi kelonggaran, supaya proses karantina jamaah pulang umrah dilakukan di asrama haji, Pondok Gede, Jakarta.

    Tujuannya, agar lebih hemat. Jamaah umrah tidak terbebani biaya mahal, karena harus sewa hotel selama sepekan.

    “Terkait usulan ini, kami sudah menyampaikan surat ke Satgas Penanganan Covid-19 nasional, namun memang belum ada respon,” ujar Mahyudin dikutip dari klikriau.com

    Dia mengatakan, proses karantina jemaah pulang umrah telah diatur dalam ketentuan Satgas Penanganan Covid-19.

    Jamaah hanya boleh menjalani proses karantina di hotel-hotel yang telah disediakan.
    Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi masuknya Covid-19 varian Omicron, yang mana sebagian besar telah menyebar di banyak negara di belahan dunia.(rie)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kakanwil Kemenag Riau Usulkan Karantina Jamaah Umrah di Asrama Haji Pondok Gede
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar