Tujuh Ribuan Warga Kota Jayapura Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

Daftar Isi

    Foto: Aparat kepolisian mengevakuasi warga korban banjir di Kota Jayapura, Papua. (ANTARA)

     

    Lancang Kuning – Sebanyak 7.005 warga Kota Jayapura dilaporkan terdampak bencana alam baik itu banjir maupun tanah longsor. Ribuan warga yang terdampak itu bermukim di empat distrik dari lima distrik yang ada yakni Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, dan Distrik Heram.  

    Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru yang juga menjabat Ketua Tanggap Darurat Bencana Alam Kota Jayapura, Papua, Minggu, 9 Januari 2021, di Jayapura mengatakan, ribuan warga yang terdampak itu sebagian besar enggan untuk mengungsi dan memilih tetap di rumah atau ke rumah sanak keluarga. 

    "Memang benar warga yang terdampak lebih memilih tetap di rumah masing-masing, namun ada dua lokasi yang menjadi tempat penampungan yang menampung warga yang mengungsi yakni GOR Trikora sebanyak 198 orang dan Diklat Sosial hanya menampung 12 orang," kata dia, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Pemerintah Kota Jayapura juga tidak membuka dapur umum namun kepada warga tetap diberi makan nasi bungkus tiga kali sehari. Ketika ditanya tentang warga yang sakit, Rustan Saru mengaku ada 105 orang sakit dan sudah ditangani tim medis. 

    Sakit yang diderita di antaranya ispa, gatal-gatal dan darah tinggi, jelas Rustan Saru seraya menambahkan, bencana alam yang terjadi Jumat dini hari (7/1). 

    Selain menyebabkan sejumlah kawasan terendam banjir juga menyebabkan tujuh orang meninggal dunia akibat tertimbun longsor. 

    Tercatat empat orang dirawat di sejumlah rumah sakit akibat luka yang dideritanya, kata Rustan Saru. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Minggu, 9 Januari 2022 - 14:45 WIB
    Judul Artikel : Tujuh Ribuan Warga Kota Jayapura Terdampak Banjir dan Tanah Longsor
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1438967-tujuh-ribuan-warga-kota-jayapura-terdampak-banjir-dan-tanah-longsor?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuh Ribuan Warga Kota Jayapura Terdampak Banjir dan Tanah Longsor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar