Polisi Periksa Pengunggah Video Habib Bahar Smith

Daftar Isi

    Foto: Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Pol Arief Rachman. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)


    Lancang Kuning – Kasus dugaan ujaran kebencian dalam ceramah Bahar Smith, terus dikembangkan oleh pihak kepolisian. Usai menggeledah kediaman pengunggah video, kali ini dijadwalkan untuk memeriksanya. 

    Tim penyidik Polda Jawa Barat bakal turut memeriksa orang berinisial TR, yang merupakan pengunggah video ceramah Bahar Smith yang diduga berisi ujaran kebencian. 

    "Sesuai dengan perkembangan hasil penyidikan, kami akan memeriksa saudara TR," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Pol. Arief Rachman di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, dikutip dari Antara, Minggu 2 Januari 2022. 

    Menurut dia, pemanggilan tersebut sesuai dengan konstruksi hukum yang telah disusun oleh penyidik secara simultan. Selain itu, pihaknya kini juga tengah mempersiapkan pemeriksaan Bahar Smith pada hari Senin (3/1). 

    "Penyidik akan terus bekerja secara maraton, tentunya mengedepankan prinsip profesional, prosedural, transparan, dan akuntabel," katanya, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Unggahan Video Adapun video tersebut diduga diunggah oleh TR itu berisi ceramah Bahar Smith pada tanggal 11 Desember 2021. Video berisi dugaan ujaran kebencian itu diduga direkam di Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

    Sebelumnya, polisi juga telah melakukan penggeledahan terhadap kediaman TR. Dari penggeledahan tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti mulai dari ponsel, laptop, akun YouTube, dan yang lainnya. 

    Adapun pemeriksaan itu merupakan rangkaian penyidikan yang didasari oleh adanya laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021 yang dilayangkan ke Polda Metro Jaya. Penyidikan dilanjutkan Polda Jawa Barat karena lokasi diduga berada di wilayah hukum Jabar. 

    Pada penyidikan tersebut, polisi menerapkan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (Ant)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Minggu, 2 Januari 2022 - 13:26 WIB
    Judul Artikel : Polisi Periksa Pengunggah Video Habib Bahar Smith
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1437127-polisi-periksa-pengunggah-video-habib-bahar-smith?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Polisi Periksa Pengunggah Video Habib Bahar Smith
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar