Heboh Super Junior, Tilik Kemeriahan Konser Pertamanya di Ancol

Daftar Isi

    Foto: Super Junior. Soompi

    LancangKuning.Com, Jakarta - Siapa tak kenal Super Junior? Inilah grup K-pop dari Korea yang selalu disambut histeria para penggemarnya. Tengok saja penampilan mereka di lapangan Sunburst BSD Tangerang Banten Sabtu, 15 Desember 2018 malam. Teriakan histeris selalu muncul saat satu per satu personel grup yang juga terkenal dengan sebutan Suju ini keluar dari balik panggung.

    Satu per satu mereka muncul. Alunan musikdance hip-hop mengiringi gerak mereka yang sedang melayang-layang dalam air. Seseorang meneriakkan nama mereka. Leeteuk, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kyuhyun. Kesembilan pria imut ini bergerak seperti cahaya, melesat keluar dari air dan menuju jalanan Kota New York.

    Perjalanan mereka semakin terlihat nyata. Dari layar panggung yang megah menuju penonton yang langsung berteriak histeris. Mereka diam sejenak dan berdiri berderet. Iringan lagu mulai dikenali. Penonton pun bersenandung mengikuti suara bas dan drum di intro lagu Superman.

    "Bom... Bombombom... Bombom," berkali-kali penonton menyanyikan lagu tersebut. Sebait irama itu seolah memberi semangat agar kesembilan pria tersebut segera beraksi. Tak perlu waktu lama, mereka mulai bernyanyi dan berjoget menuju tengah panggung. Teriakan pun semakin keras.

    Foto: Penampilan boy band asal Korea Selatan, Super Junior, dalam Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu, 2 September 2018. ANTARA/INASGOC/Eka Nickmatulhuda

    Inilah konser hari pertama Super Junior bertema “Super Show 4 World Tour” di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta, Jumat lalu. Super Junior alias Suju adalahboy band terpopuler asal Korea Selatan saat ini.

    Tiga lagu langsung mereka lahap dengan energetik dan tempo cepat, sampai akhirnya menyapa penggemar. "Hatur nuhun," teriak personel bertubuh paling tambun, Shindong.

    Entah dari mana ia mendapat kata asli Sunda itu. Yang jelas, cukup membuat jeritan semakin keras. Kemudian, sang pemimpinboy band, Leeteuk, berteriak, "Assalamualaikum. Saya suka Indonesia, bagus," katanya. Selama tiga setengah jam, Suju terus membius penonton dengan musik, gerak, dan, tentu saja, ketampanan mereka.

    Dalam konser ini, Suju memakai dua panggung. Ada yang di bagian bawah dan dibagi menjadi empat penjuru. Salah satu bagian panggung juga dibuat bergerak dinamis. Bisa bergerak ke atas dan maju-mundur. Ada pula pengungkit yang bisa diisi satu personel untuk bergerak di atas penonton.

    Layar juga menjadi cara untuk membangun emosi penonton. Ia berubah-ubah mengikuti tema lagu. Penempatannya memenuhi satu sisi muka panggung. Ditambah dengan pencahayaan lampu sorot dan laser, membuat panggung semakin semarak.

    Hasilnya, para gadis yang mayoritas masih sekolah menengah atas dan pertama seperti tidak bosan oleh tingkah laku itu. Mereka pun tak peduli saat salah satu personelnya tidak keluar, misalnya.

    Suju juga tahu betul bagaimana memanjakan penontonnya. Leeteuk tampil solo membawakan lagu lawas She, sambil bermain saksofon, berpindah ke piano, kemudian melemparkan sekitar 30 tangkai bunga mawar ke arah penonton.

    Kyuhyun juga unjuk kebolehan dengan bermain piano dan harmonika menyanyikan lagu Isn't She Lovely milik Stevie Wonder. "Ih, imut banget deh," kata seorang penonton, dilansir dari Tempo.

    Selanjutnya, berapa banyak lagu yang kemudian dinyanyikan Super Junior dalam konser pertamanya di Indonesia, itu?

    Malam itu, total Suju menyanyikan 30 lagu, termasuk 3 encore. Semua adalah lagu hit Suju, seperti Bonamana, Mr. Simple, danSorry Sorry. Penonton sepertinya puas memandang dan mendengar aksi mereka.

    Korean pop memang sedang merajalela. Aliran ini muncul dari sebuah industri budaya yang tercipta sekitar 10 tahun oleh pemerintah di sana. Awalnya hanya drama mereka yang populer di Indonesia. Baru dalam tiga tahun terakhir banyak remaja putri yang menyukai boy band dan girl band Korea.

    "Mereka itu satu paket," ujar Eka, seorang penonton. "Bisa nyanyi, menari, akting, cakep-cakep lagi." Butuh waktu lama untuk menciptakan sebuah idola remaja, seperti Suju. Ada pelatihan di asrama hingga berganti rupa di ruang operasi.

    Foto: Pengemar super junior (Suju) membeli kaos super junior di Ancol Beach City, Jakarta, Jum'at (27/4). Super Junior boy band asal korea menggelar konser selama 3 hari kedepan di Mata Elang Internasional Studio kawasan Ancol. TEMPO/ Agung Pambudhy

    Suju terbentuk sejak 2005 serta sudah menghasilkan lima album studio dan tiga album konser. Mereka bahkan mengeluarkan tiga album single versi Jepang. Mayoritas usia mereka sekitar 20 tahun.

    Konser Suju merupakan konser terlama--tiga hari nonstop--dengan konsep dan lokasi yang sama pertama di Indonesia. Awalnya promotor ShowMaxx Entertainment hanya merencanakan dua hari konser. Tapi permintaan yang banyak membuat konser ditambah satu hari di akhir pekan minggu terakhir pada April 2012 itu. 70

    Hari pertama konser Super Junior memang terlihat lebih sepi. Tiket pun diobral dengan paket beli satu gratis satu. Tapi, pada hari kedua dan ketiga, kapasitas 8.000 penonton di Mata Elang International Stadium penuh sesak. Padahal harga tiket tidak murah [saat itu], mulai Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Heboh Super Junior, Tilik Kemeriahan Konser Pertamanya di Ancol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar