Pengguna Facebook dan Instagram Sedang Dimata-matai

Daftar Isi

    Foto: Meta (Facebook). (DailyNationToday)

     


    Lancang Kuning – Meta memperingatkan 50 ribu pengguna media sosial Facebook dan Instagram bahwa akun mereka sedang dimata-matai menggunakan skema pengawasan untuk disewa secara komersial di seluruh dunia. 

    Pengguna ditargetkan oleh tujuh entitas dan berlokasi di lebih dari 100 negara. Targetnya termasuk wartawan, pembangkang, kritikus, keluarga oposisi, dan aktivis hak asasi manusia (HAM). 

    Pengawasan terungkap dalam penyelidikan yang dilakukan selama berbulan-bulan di mana Meta mengidentifikasi kelompok mata-mata dan menghapusnya dari platform. 

    "Mereka ini adalah bagian dari industri luas yang menyediakan perangkat lunak untuk mengganggu layanan tanpa pandang bulu kepada pengguna mana pun," ujar Director of Threat Disruption Meta, David Agranovich, seperti dikutip dari situs The Verge, Jumat, 17 Desember 2021.

    Laporan ancaman yang lebih rinci menyebutkan enam dari tujuh perusahaan, di mana salah satunya tidak diketahui. Empat dari tujuh perusahaan adalah Cobwebs Technologies, Cognyte, Black Cube dan Bluehawk CI, yang semuanya berbasis di Israel. Sedangkan tiga lainnya dari China, India, dan Makedonia Utara. 

    Black Cube misalnya, menggambarkan dirinya sebagai perusahaan pendukung litigasi yang menggunakan metode investigasi sesuai dengan hukum setempat. 

    Laporan Meta ini juga merujuk ke perusahaan mata-mata Israel NSO Group yang digugat oleh Apple dan Meta karena menjual spyware yang dipakai untuk mengintip pesan di iPhone dan WhatsApp. 

    Perusahaan yang sudah masuk daftar hitam oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) itu dituduh menjual perangkat lunak yang digunakan untuk memata-matai jurnalis di seluruh dunia. NSO Group bahkan diminta untuk disanksi berat, termasuk membekukan rekening bank perusahaan dan melarang seluruh karyawannya bepergian ke luar negeri, terutama AS. (LK)


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 17 Desember 2021 - 16:27 WIB
    Judul Artikel : Pengguna Facebook dan Instagram Sedang Dimata-matai
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/digital/digilife/1432894-pengguna-facebook-dan-instagram-sedang-dimata-matai?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengguna Facebook dan Instagram Sedang Dimata-matai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar