Di Riau Harga Sawit Pekan Ini Turun Tipis Rp3.379,96 per Kg

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi sawit 


    Lancang Kuning, PEKANBARU - Harga TBS kelapa sawit penetapan periode 8 – 14 Desember 2021 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 60,87/Kg.

    "Ada penurunan harga mencapai 1,77% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp3.379,96/Kg," kata Kabid Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (7/12/2021), dikutip dari mediacenterriau

    Ia menjelaskan, penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

    Yang mana, faktor internal turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

    Untuk harga jual CPO, PT. PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp 341,00/Kg, PT. Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 241,81/Kg,  Astra Agro Lestari  Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 265,00/Kg PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp 372,00/Kg dari harga minggu lalu.

    Sedangkan untuk harga jual Kernel, PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp. 139,09/Kg dari harga minggu lalu.

    "Sementara dari faktor eksternal, Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) bergerak turun pada perdagangan jelang siang hari ini," jelasnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Di Riau Harga Sawit Pekan Ini Turun Tipis Rp3.379,96 per Kg
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar