Catat, Ini Syarat Ajukan Bantuan Sarpras Jalan dari BPDPKS

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) saat ini telah meluncurkan program bantuan sarana dan prasarana (Sarpras). Di mana ada 8 jenis bantuan yang dapat diajukan oleh para petani dalam program itu melalui dinas perkebunan. 

    Salah satu jenis bantuan dalam program sarpras BPDPKS adalah pembuatan atau peningkatan jalan dan rehabilitasi tata kelola air atau disebut dengan jalan kebun. 

    Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perkebunan Provinsi Riau, T Ridwan Putra Yuda menerangkan, ini merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi kelompok tani atau koperasi berupa pembuatan jalan kebun, jalan produksi, jalan koleksi, jalan penghubung, gorong-gorong dan rehabilitasi tata kelola air. 

    Dalam materi yang disampaikannya pada seminar yang digelar oleh Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) di Pekanbaru Kamis lalu, Ridwan mengatakan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan bantuan jalan kebun ini. 

    "Syarat pengajuan rekomtek untuk bantuan ini pertama adalah kelompok tani, gabungan kelompok tani,  koperasi atau kelembagaan ekonomi pekebun lainnya yang beranggotakan minimal 20 orang," kata Ridwan, dikutip dari mediacenterriau

    "Kelompok tani itu juga harus memiliki hamparan kebun paling kurang 50 hektar dengan hamparan lahan berada dalam jarak antar kebun paling jauh 10 km, dilengkapi dengan koordinat," tambahnya. 

    Ridwan melanjutkan, syarat selanjutnya andalah legalitas lahan yang diajukan untuk mendapatkan bantuan tersebut harus jelas. "Terutama tidak boleh lahan yang berada dalam kawasan," katanya. 

    Dia menyebutkan bahwa persyaratan itu dapat diajukan langsung ke dinas perkebunan masing-masing kabupaten lalu kemudian nanti akan diteruskan ke dinas perkebunan provinsi untuk dilakukan verifikasi teknis. 

    "Selanjutnya akan diteruskan ke Dirjenbun untuk dilakukan verifikasi teknis. Baru nanti akan diterbitkan rekomtek dan diserahkan kepada BPDPKS," jelasnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Catat, Ini Syarat Ajukan Bantuan Sarpras Jalan dari BPDPKS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait