Komplek Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman di INHIL, Salah Satu Objek Wisata Reliji

Daftar Isi

    Wisata di INHIL - Objek Wisata yang ada di Indragiri Hilir juga terdapat salah satunya Komplek Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq. Dimana ini merupakan objek wisata reliji. Lokasi Komplek Makam Tuan Guru tepatnya berada di Kampung Hidayat Sapat, Kecamatan Kualu Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir.

    Syekh Abdurrahman merupakan seorang guru agama, dahulu istilah guru agama adalah Mufti di Kerajaan Indragiri. Beliau adalah Mufti Kerajaan yang cukup terkenal dan memiliki banyak murid di pelosok negeri mulai dari Kalimantan, Jambi, Palembang hingga Malaysia, Singapura dan sebagainya.  Ia diangkat Sultan Mahmud Shah (Raja Muda) sebagai Mufti Kerajaan Indragiri pada tahun 1919-1939.

    Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq bin Muhammad 'Afif dikenal juga sebagai Pujangga dan Sastrawan yang semasa hidupnya mengarang sejumlah buku sasta dan agama. Tuan guru Syekh Abdurrahman, demikian panggilan hormat ia telah menulis karyanya berupa kumpulan puisi berjudul "Syair Ibarat Kabar Kiamat" yang diterbitkan oleh Ahmadiyah Press Singapura Tahun 1915.

    Komplek Makam Tuan Guru yang merupakan objek wisata yang setiap harinya sekitar 300 pengunjung mendatangi Makam Tuan Guru. Di sini terdapat Cangkup Makam, Masjid yang telah lama didirikan yaitu sekitar abad ke 19 dan juga terdapat rumah peristirahatan.

    Selain itu di Komplek Makam Tuan Guru juga terdapat Makam dan Benteng Panglima Besar Tengku Sulung, Makam Keramat di kota Baru serta Rumah Kuning peninggalan Belanda di kawasan Tanjung sebelah barat kota Guntung. Pengunjung Komplek Makam Tuan Guru juga berasal dari berbagai Negara hingga Afrika. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komplek Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman di INHIL, Salah Satu Objek Wisata Reliji
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar