Bupati Kepulauan Meranti Pimpin Apel Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Daftar Isi

    Foto: Bupati Meranti. (Dok. Protkim Kepulauan Meranti)


    Lancang Kuning, MERANTI - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH memimpin Apel Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana. Bertempat Dihalaman Kantor Bupati Jl. Dorak Selatpanjang, Senin (8/11/2021).

    Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan bahwa Berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 903 Tahun 2016 tentang Kawasan Hutan Provinsi Riau, luas kawasan hutan di Kabupaten Kepulauan Meranti seluas 263.651,65 Hektar, atau sekitar 72.5 % dari total luas wilayah Meranti. 

    Sedangkan dari total luas kawasan hutan tersebut, baru sekitar 50% yang sudah di kelola oleh pemegang ijin, sedangkan 50% sisanya belum ada pemegang ijin sehingga menjadi daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. 

    Bupati menambahkan, bahwa  pantai di Kabupaten Kepulauan Meranti sepanjang 132 Km yang berhadapan langsung dengan selat malaka, dimana gelombang dari selat malaka sangat tinggi, sehingga menjadi rawan abrasi.

    Untuk itu, Bupati Adil menghimbau kepada semua pihak untuk bersedia meluangkan waktu untuk menyelenggarakan pelatihan kesiapsiagaan bencana sesuai situasi, kondisi, dan potensi ancaman, melalui latihan-latihan secara berkala.

    Dengan dasar pengetahuan yang dimiliki, lanjut Adil, menjadi modal dasar menghadapi bencana yang sewaktu-waktu terjadi. Masyarakat dapat mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman sehingga pada akhirnya akan meminimalisir terjadinya korban. 

    Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan, bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana terutama penanggulangan bencana karhutla dan abrasi. 

    Selanjutnya Bupati berharap Apel Kesiapsiagaan pada hari ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional.

    Gelaran Apel turut dihadiri Wakil Bupati Meranti, Ketua DPRD Meranti, Kapolres Meranti, Kajari Meranti, Danlanal Dumai/ Danposal TNI AL, Dandim 0303 BKS, Danramil Tebing Tinggi, Pengadilan Negeri Bengkalis, Pengadilan Agama Kep. Meranti, Sekretaris Daerah Meranti, Para Staf Ahli Bupati dan lainnya. (LK/Protkim/Das)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bupati Kepulauan Meranti Pimpin Apel Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar