Waspada, Gempa dan Tsunami Intai 12 Desa di Tabanan Bali

Daftar Isi

    FOTO: pendeteksi Gempa

    LancangKuning. Com, BALI  - Kepala Pelaksana BPBD Tabanan, I Gusti Ngurah Made Sucita, mengatakan setidakya ada 12 desa di 6 kecamatan Kabupaten Tabanan, Bali yang berpotensi gempa dan tsunami.

    Dirinya menjelaskan, pihaknya telah memetakan sejumlah titik berpotensi gempa dan tsunami di pesisir pantai selatan Tabanan.

    "Di Tabanan kami sudah petakan beberapa wilayah pesisir pantai selatan yang berada disepanjang 35,9 kilometer garis pantai. Wilayah yang berpotensi tsunami itu terdiri dari 6 kecamatan dan 12 desa," terang Sucita.

    Disebutkan 12 desa di enam kecamatan itu, yakni Kecamatan Kediri meliputi Desa Beraban, Belalang dan Pangkungtibah, Kecamatan Tabanan meliputi Desa Sudimara, Kecamatan Kerambitan meliputi Desa Kelanting dan Tibubiu.

    Kecamatan Selemadeg Timur meliputi dua desa yakni Desa Beraban dan Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg ada dua desa, yakni Berembeng dan Desa Antap, serta dua desa di Kecamatan Selemadeg Barat yakni Desa Lalalinggah dan Selabih.

    Ditambahkan, adanya potensi gempa dan tsunami, lanjut Sucrita selain mengacu dari kejadian 1977 dan 1944, pengelompokan wilayah rawan gempa dan tsunami itu juga dilihat  dari kontur, relief dan topografi pantai yang berbeda.

    "Antisipasi kami sejauh ini terhadap kawasan 6 kecamatan tersebut di Tabanan. Kami memasang reoning sistem sepanjang wilayah  pantai pesisir selatan. Kemudian sudah membuat jalur dan zona evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi dan tsunami," tandasnya, dilansir dari Jawapos. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspada, Gempa dan Tsunami Intai 12 Desa di Tabanan Bali
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar