Paling Ditakuti China, Kapal Perang TNI Ini Bawa Rudal Bahaya Rusia

Daftar Isi

    Foto: KRI OWA-354. (TNI AL) 

     

    Lancang Kuning – 27 Mei 2016 hari yang cukup menegangkan di Perairan Natuna, Kepulauan Riau,  Indonesia.

    Ketika itu terjadi kejar-kejaran antara kapal pencuri ikan asal China dengan kapal perang militer Tentara Nasional Indonesia (TNI), tak cuma itu saja, suara tembakan beberapa kali terdengar dari senjata api KRI Oswald Siahaan-354.

    Jadi, tembakan peringatan dilepaskan  prajurit TNI dari KRI OWA-354 ke arah kapal ikan China itu, karena kapal tersebut berusaha kabur saat akan ditangkap. 

    Namun, kejadian itu belum seberapa menegangkan. Sebab, ada peristiwa yang lebih ngeri lagi di lokasi penangkapan kapal pencuri ikan itu.

    Menurut Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) di lokasi itu sebenarnya ada kapal lain, dan kapal itu selalu membayangi KRI OWA ketika mengejar kapal pencuri ikan. 

    Kapal pembayang KRI OWA itu sembarang kapal lho, kapal itu milik penjaga keamanan laut China alias Coast Guard China.

    Hanya saja, kapal Coast Guard China itu sama sekali tak mengusik apalagi berani-berani menghalangi TNI saat menindak kapal pencuri ikan.

    Kejadian ini sungguh unik, sebab selama itu Coast Guard China sering banget sok jadi jagoan dengan mengganggu pasukan keamanan  RI di Natuna.

    Hanya saja di peristiwa itu, nyali Coast Guard China benar-benar dibuat ciut oleh sosok KRI OWA. Kenapa bisa begitu?.

    Sepertinya Coast Guard China jadi sangat takut karena kemungkinan mereka tahu siapa sosok KRI OWA sebenarnya. 

    Foto: KRI OWA-354


    Pembaca setia VIVA Militer, mari kita kupas sedikit tentang sosok KRI OWA yang ditakuti China itu.

    KRI OWA memang jauh kelasnya dengan kapal Coast Guard China. Kapal perang milik TNI AL ini merupakan kapal jenis fregat yang memiliki kemampuan kawal perusak bersenjata peluru kendali alias rudal.

    Yang paling menakutkan, rudal yang bersemayam di tubuh KRI OWA bukan rudal kaleng-kaleng. Sejak dibeli dari Belanda, TNI telah mengganti rudal KRI OWA dengan rudal canggih dan sangat berbahaya buatan Rusia.

    Rudal yang ada di KRI OWA saat ini adalah Rudal Yakhont alias Rudal P-800 Oniks. Rudal ini berjenis rudal anti kapal permukaan supersonik.

    Rudal ini memiliki jangkauan tembak mencapai 300 kilometer dengan kecepatan supersonik 2.5 mach dan bisa mengangkut 300 kilogram hulu ledak.

    Karena hal inilah kapal Coast Guard China tak mampu berpikir lagi dan memilih diam ketika di hadapannya KRI OWA dengan gagah berani meringkus kapal pencuri ikan China. (Lk)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Paling Ditakuti China, Kapal Perang TNI Ini Bawa Rudal Bahaya Rusia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Paling Ditakuti China, Kapal Perang TNI Ini Bawa Rudal Bahaya Rusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar