Menteri Agraria: Banyak Notaris PPAT Bagian dari Mafia Tanah

Daftar Isi

    Foto: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil. (VIVAnews/Fikri Halim)

     

    Lancang Kuning – Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengimbau masyarakat untuk lebih teliti lagi memilih notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Karena, kata dia, terkadang Notaris atau PPAT ini juga terlibat dalam praktik mafia tanah.

    “Menggunakan Notaris PPAT. Ini PPAT juga banyak bagian dari mafia tanah,” kata Sofyan di kantornya, Jakarta, Senin, 18 Oktober 2021.

    Sofyan tidak ragu bakal mengambil tindakan tegas apabila menemukan ada keterlibatan oknum Notaris atau PPAT dalam praktik mafia tanah. Bahkan, dia tidak segan memecat pejabat pembuat akta tanah itu.

    “Jadi hati-hati, masyarakat. Kalau, misalnya, nanti mengecek tanah, mengecek sertifikat, itu jangan dilepas kepada pihak ketiga untuk mengecek karena bisa dipalsukan, harus ada pengawalan yang bagus,” ujarnya, dilansir LKC dari Viva.co.id


    Di samping itu, Sofyan juga memberikan tips untuk masyarakat agar tidak tertipu mafia tanah. Menurut dia, banyak korban masyarakat jadi korban penipuan dengan modus meminjam dan pura-pura membeli rumah. Misalnya, kasus yang menimpa Dino Patti Djalal saat ada orang datang pura-pura ingin membeli rumah dan meminta sertifikat. 

    “Sertifikat ini dipalsukan atau kemudian dikasih uang muka, harga rumah Rp20 miliar dikasih uang muka Rp1 miliar, kemudian diberikan pinjaman sertifikatnya,” katanya.

    Karena itu, Sofyan mengingatkan kembali masyarakat agar hati-hati jika ingin menjual rumah. Sebaiknya, kalau belum punya pengalaman jangan lakukan sendiri menjual rumah kecuali pembelinya dikenal. “Karena jangan-jangan nanti datang ... adalah bagian dari mafia tanah. Hati-hati,” katanya. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Menteri Agraria: Banyak Notaris PPAT Bagian dari Mafia Tanah

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Agraria: Banyak Notaris PPAT Bagian dari Mafia Tanah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar