Kanwil Kemenag Riau Tunggu Petunjuk Pemerintah Pusat Untuk Keberangkatan Calon Jemaah Umroh

Daftar Isi

    Foto: Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau masih menunggu arahan dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait keberangkatan calon jamaah umroh dari Riau. Meski Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan dibukanya kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi. 

    Namun sejauh ini, Kanwil Kemenag Riau belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat. Termasuk petunjuk teknis dan tata pelaksanaanya. 

    "Kita belum menerima petunjuknya," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, Senin (11/20/2021) seraya menyebut pihaknya sejauh ini masih menunggu petunjuk teknis pemberangkatan calon jemaah umroh dari pemerintah pusat.

    "Kita masih menunggu petunjuk teknisnya dari pemerintah pusat," imbuhnya.

    Sementara untuk jumlah calon jemaah umroh, pihaknya belum bisa memastikan berapa yang akan diberangkatkan dan berapa lama antrian yang akan berangkat ke tanah suci. Sebab untuk data jumlah calon jemaah umroh ada dimasing-masing penyelenggara travel umroh dan haji. 

    "Kalau untuk umroh datanya ada di travel penyelenggara haji dan umroh, kalau di kita itu data untuk calon jemaah haji," katanya, dikutip dari mediacenterriau

    Seperti diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan dibukanya kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi. 

    Namun sejauh ini, Kanwil Kemenag Riau belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat. Termasuk petunjuk teknis dan tata pelaksanaanya. Meski demikian, ada ketentuan bagi jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan.

    Menurut Retno, ketentuan itu tertuang dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kanwil Kemenag Riau Tunggu Petunjuk Pemerintah Pusat Untuk Keberangkatan Calon Jemaah Umroh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar