Bangladesh Tangkap 10 Pengungsi Rohingya yang Hendak ke Malaysia

Daftar Isi

    Foto: para pengungsi Rohingya di Bangladesh (Foto: REUTERS/Susana Vera)

    LancangKuning.Com, Dhaka - Kepolisian Bangladesh telah menangkap 10 pengungsi Rohingya saat mereka hendak menaiki sebuah kapal untuk menuju ke Malaysia.

    Wilayah Bangladesh tenggara dihuni oleh sekitar satu juta warga Rohingya, yang sebagian besar kabur dari Myanmar tahun 2017 lalu menyusul operasi militer yang digelar di negara bagian Rakhine. Di wilayah Bangladesh ini, mereka bermukim di kamp-kamp kumuh dan padat.

    Batalyon Aksi Cepat (RAB) menyatakan telah menghentikan 10 pengungsi Rohingya yang terdiri dari enam perempuan muda dan empat pemuda.


    "Mereka akan menuju ke Malaysia melalui Teluk Benggala. Perempuan-perempuan itu usianya tidak lebih dari 22 tahun. Mereka mengira bahwa mereka bisa menikah dengan orang-orang kaya di Malaysia," ujar kepala RAB Cox's Bazar, Mahedi Hasan seperti dikutip kantor beritaAFP, Jumat (30/11/2018).

    Hasan mengatakan, para perempuan itu membayar masing-masing US$ 100 untuk penyelundup manusia dan kaum pria membayar hampir US$ 250. "Masing-masing dari mereka harus membayar 200.000 taka lagi (hampir US$ 2.500) setelah kapal itu melintasi perairan Thailand," tutur Hasan.

    Seorang penyelundup manusia juga ditangkap bersama para pengungsi Rohinga itu.

    Beberapa tahun terakhir, para penyelundup manusia telah membawa ratusan ribu pengungsi Rohingya ke Malaysia sebelum Bangladesh melancarkan operasi pada tahun 2015, setelah otoritas Thailand menemukan kuburan-kuburan massal dan kapal-kapal penuh sesak yang terombang-ambing di lautan. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bangladesh Tangkap 10 Pengungsi Rohingya yang Hendak ke Malaysia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar