Tol ke Padang Dimulai Tahun Ini

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi jalan tol

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Tol Pekanbaru-Padang yang hendaknya dimulai dari Padangpariaman, batal. Pembangunannya dimulai dari Pekanbaru, yang menjadi seksi I. Pembangunannya akan dimulai pada tahun depan.
       
    Hal itu diakui oleh Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim. Dia kembali memastikan bahwa tol ke Padang, yang menjadi seksi I yakni Pekanbaru-Bangkinang.

    “Untuk jalan tol Pekanbaru-Padang kalau tidak ada perubahan akan dimulai dari Pekanbaru,” kata Wan Thamrin, kemarin di Pekanbaru. Dia menyebut, untuk progresnya akan dimulai di tahun ini. Mulai penyiapan lahan, dan sebagainya.   “Iya, tahun depan,” ujar Wan, dilansir dari Riaupos. Com.

    Dia mengatakan, alasannya jalan bebas hambatan itu dimulai dari Pekanbaru, karena pihak penyandang dana dan kontraktor PT Hutama Karya menimbang biaya kalau jalan tol dimulai dari Padangpariaman-Sicicin.

     “Kalau dari Pekanbaru kan tak banyak terowongan-terowongan yang dibangun, karena jalan di tempat kita (Riau) masih banyak datar sampai Pangkalan, Sumatera Barat,” sebutnya.

    Saat disinggung adanya mobilisasi peralatan kontraktor PT Hutama Karya dari Padang ke Pekanbaru, Wan Thamrin terlihat semringah.
      
    “Oh begitu. Saya baru tahu itu. Memang sesuai informasi terakhir katanya tahun ini dimulai pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang dari Pekanbaru,” ujar dia.
      
    Diketahui, rencana awalnya, pembangunan tol ini dilakukan dari Padang, yakni seksi Padangpariaman-Sicincin. Bahkan, Presiden Joko Widodo telah melakukan ground breaking. Tapi sekarang, pembangunannya mangkrak karena persoalan pembebasan lahan.
       
    Maka, PT Hutama Karya sebagai kontraktor dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebagai penyandang dana jalan tol Pekanbaru-Padang, berencana akan memulai jalan tol dari Pekanbaru. Pembangunan itu dimulai dari seksi satu, yakni Pekanbaru-Bangkinang.
      
    Wan Thamrin mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Padang itu terbagi 14 seksi. Yang mana seksi 1-2 terbentang dari Pekanbaru sampai ke Bangkinang. Kemudian 3-4 dari mulai dari Bangkinang sampai Pangkalan.
      
    Asisten II Setdaprov Riau Masperi menerangkan, rencana itu karena ruas tol Pekanbaru-Padang yang telah ground breaking Presiden pada awal tahun lalu di Sicincin, pembebasan lahannya sedikit rumit. Sebab di sana banyak tanah ulayat.
      
     “Alasan itulah maka penyandang dana mengalihkan pandangan ke Pekanbaru. Ini juga berkaca kepada progres jalan tol Pekanbaru-Dumai,” katanya. Diketahui, jalan tol Pekanbaru-Padang memiliki panjang 254,80 kilometer. Pembangunan tol ini ditargetkan selesai pada 2025 mendatang. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tol ke Padang Dimulai Tahun Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar