Cara Aman Menggunakan Wifi Publik

Daftar Isi


     

    LancangKuning  -  Wifi publik terkadang sangat tidak aman, karena jaringan hotspot yang umum adalah jaringan hotspot tidak terenkripsi. Oleh karena jaringan yang tak aman itu, sering terjadi serangan cyber ( cyber attack ) diperantarakan oleh jaringan wifi umum, contohnya : hacker yang dapat mencuri akun banking / e-mail , hacker yang dapat mencuri file-file penting dan rahasia.

    Ada beberapa serangan cyber yang sering terjadi, yaitu :

    1 . Serangan snooping and sniffing

    Yaitu serangan yang dilakukan hacker untuk mengintip kegiatan kita di jaringan publik , diperlukan sebuah software khusus yang digunakan hacker untuk membantu peretasan tersebut .

    2 . Serangan wifi berbahaya

    Biasanya hacker akan menggubah nama hotspot berbahaya menjadi nama yang sangat mirip dengan nama wifi publik .

    3 . Serangan MitM ( man in the middle )

    MitM adalah serangan menguping , ketika terjadi komunikasi antar 2 perangkat atau mengirimkan suatu data ke web atau sebuah layanan dapat dicegat oleh hacker .

    CARA – CARA AGAR AMAN MENGGUNAKAN WIFI PUBLIK

    1 . Jangan menyambungkan jaringan wifi secara otomatis

    Sudah banyak perangkat yang memiliki fitur ini , meskipun terlihat berguna tetapi fitur ini dapat menyebabkan kita masuk ke jaringan palsu yang berbahaya , oleh karena itu sebaiknya kita harus menonaktifkan fitur tersebut .

    2 . Kunjungi web yang menggunakan HTTPS

    Pastikan Anda mengunjungi web yang memiliki HTTPS , atau biasanya terdapat simbol kunci / gembok di awal url nya , mengunjungi web dengan HTTPS diawalnya memungkinkan kita melakukan aktivitas didalamnya dengan lebih aman dan tanpa gangguan pihak ke 3 .

    3 . Aktifkan firewall dan antivirus

    Sebagian besar sistem operasi memiliki firewall yang berfungsi untuk mengamankan lalulintas jaringan yang masuk atau keluar sehingga firewall dapat membantu kita agar hacker tidak dapat mengintip komputer kita .

    4 . Perhatikan nama jaringan wifi

    Para hacker biasanya membuat jaringan hotspot berbahaya menggunakan nama wifi yang persis sama dengan nama wifi publik sehingga terkadang kita tidak dapat membedakan yang mana jaringan publik asli atau yang palsu . Jika terdapat 2 nama wifi yang sama , lebih baik kita menanyakan langsung kepada pemilik wifi .

    5 . Gunakan VPN ( Virtual Private Network )

    Jika kita ingin menggunakan wifi publik , sebaiknya kita harus mengaktifkan VPN terlebih dahulu , VPN adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat kita mengakses aplikasi atau website secara privat , VPN akan membuat jalan koneksi internet yang menghubungkan perangkat dengan internet , sehingga kita tidak akan diganggu olah pengintai atau peretas .

    TOOLS YANG DAPAT MENCEGAH TERJADINYA SERANGAN SAAT WEB SURFING

    1 . SSL Layer Checker

    SSL atau Secure Socket Layer adalah suatu komponen penting dalam suatu web agar transfer data di dalam website akan menjadi lebih mudah dan terenkripsi , sehingga kemungkinan terjadinya pembobolan data akan sangat kecil sekali . SSL Layer Checker ini adalah tool yang berfungsi untuk memeriksa apakah suatu website memiliki verifikasi SSL atau tidak .

    2 . Google’s Safe Browsing Diagnostic
    Google’s safe browsing diagnostic adalah tool yang berfungsi untuk mengecheck apakah ada konten yang tidak aman dari sebuah website , sehingga kita bisa tahu apakah situs tersebut aman atau berbahaya .

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Aman Menggunakan Wifi Publik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar