Deretan Jurusan Langka di RI, Ada Manajemen Katering sampai Teknologi Batik

Daftar Isi



    Foto: ilustrasi kelulusan Foto: thinkstock/Deretan Jurusan Langka di RI, Ada Manajemen Katering sampai Teknologi Batik

     

    Lancang Kuning - Di Indonesia, jurusan kuliah telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kini, para lulusan SMA bahkan dapat memilih jurusan langka sekalipun, sesuai dengan minat masing-masing.
    Kita mungkin sudah sering mendengar soal jurusan Teknik Informatika, Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan sebagainya. Tetapi, barangkali detikers belum tahu bahwa ada beberapa jurusan di Indonesia yang jarang sekali disebutkan.

    Jurusan-jurusan tersebut hanya ditemukan di perguruan tinggi tertentu. Dikutip dari situs Institut Teknologi Batam (ITEBA), inilah lima jurusan terlangka di Indonesia.


    Jurusan Terlangka di Indonesia:


    1. Manajemen Industri Katering


    Program studi (prodi) Manajemen Industri Katering merupakan bagian dari jurusan Pariwisata. Prodi satu ini mengajarkan pengetahuan kuliner dan perencanaan, pengelolaan, serta pemasaran produk makanan.

    Intinya, prodi manajemen Industri Katering tidak hanya mengajarkan soal cara memasak, melainkan juga bagaimana memasarkan produk dengan tepat.

    2. Aktuaria


    Aktuaria menjadi salah satu jurusan langka dan diadakan sejak tahun 2017. Jurusan ini dibuka untuk jenjang kesarjanaan.

    Pada perkuliahannya, Aktuaria mempelajari matematika yang dikaitkan dengan risiko asuransi. Jurusan tersebut masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

    Umumnya, perkuliahan Aktuaria merupakan gabungan dari matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Lulusannya diharapkan dapat menguasai bidang asuransi dan perencanaan keuangan.

    3. Transportasi Laut


    Jurusan Transportasi Laut merupakan ilmu yang sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara maritim. Perkuliahan jurusan ini membahas tentang perencanaan dan analisa angkutan laut.

    Tiga kompetensi yang menjadi tolok ukur jurusan ini adalah pelayaran, pelabuhan, dan logistik. Jurusan Transportasi Laut masuk ke dalam Fakultas teknik Kelautan.


    4. Teknologi Batik


    Jurusan Teknologi Batik memuat pembelajaran dengan skema 70% materi praktik dan 30% teori. Mahasiswanya diajarkan tentang sejarah, filsafat, hingga teknik membatik.

    Jurusan tersebut dibuka untuk melestarikan budaya di Indonesia. Teknologi Batik dibuka untuk jenjang D3 sejak 2011.

    5. Rekayasa Nanoteknologi

    Jurusan Rekayasa Nanoteknologi termasuk dalam Fakultas Teknik (FT). Jurusan ini mempelajari tentang materi berukuran nano yang nantinya akan dimanipulasi, agar tercipta benda yang baru.

    Contoh dari pemanfaatan materi nano untuk membuat teknologi baru adalah pengobatan dan sumber tenaga buatan, seperti dalam pengobatan kanker. Berdasarkan sebuah studi dari National Science Foundation, ada 6 juta pekerja Nanoteknologi yang akan dibutuhkan di seluruh dunia pada tahun 2022.

    Itulah beberapa jurusan langka di Indonesia. Detikers tertarik mempelajarinya? 



    Artikel ini sudah ditayangkan detik.com dengan judul berita Deretan Jurusan Langka di RI, Ada Manajemen Katering sampai Teknologi Batik

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Deretan Jurusan Langka di RI, Ada Manajemen Katering sampai Teknologi Batik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar