Prospek Kerja Seni Rupa Murni

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Lulusan Seni Rupa dapat berkarir sebagai seniman lukis atau pematung. Lulusan program studi ini juga dapat berkarir sebagai kurator seni, kritikus seni, direktur seni, peneliti, hingga guru seni.

    Pure Fine Arts merupakan program studi yang sangat cocok bagi Anda yang suka berkreasi dan bereksperimen dengan seni. Dalam Seni Rupa, orisinalitas sangat dihargai. Oleh karena itu, Anda harus dapat menemukan dan mengembangkan gaya dan karakteristik artistik Anda sendiri. Jika Anda memiliki bakat dan minat di dunia seni, tidak ada salahnya untuk mengembangkan minat Anda di program studi ini.

    Ketika Anda memilih untuk mengambil jurusan seni rupa, apa pertimbangan Anda? Setiap orang memiliki pertimbangan yang berbeda. Ada yang masuk jurusan ini karena peluang atau prospek yang menjanjikan untuk karya seni rupa. Ada juga yang memilih jurusan seni ini karena alasan passion. Apapun alasan yang Anda miliki, Anda juga harus mengetahui prospek pekerjaan lulusan jurusan ini untuk memperkuat alasan Anda.

    Bagi kamu yang memilih jurusan seni rupa tidak perlu khawatir lagi. Seseorang yang memiliki dasar seni rupa akan memiliki banyak prospek pekerjaan seni rupa. Mungkin banyak yang bilang bidang ini kurang menjanjikan. Namun, sebenarnya ada banyak pekerjaan yang bisa Anda coba setelah lulus. Bahkan, beberapa di antaranya dapat membantu sistem keuangan mereka.

    10 prospek pekerjaan seni rupa dan kisaran gaji mereka di bawah ini:

    Ilustrator

    Pertama, Anda bisa berkarier sebagai ilustrator. Pekerjaan ini cukup menjanjikan. Pekerjaan seorang ilustrator adalah membuat gambar atau ilustrasi untuk tujuan periklanan atau untuk mendukung produk perusahaan.

    Kamu dapat membuatnya secara manual atau melalui bantuan aplikasi grafis. Profesi ilustrator menawarkan gaji yang menjanjikan. Anda bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 4.000.000 per bulan.

    Desainer Grafis

    Kedua, lulusan seni rupa juga bisa menjadi desainer grafis atau desainer grafis. Dengan menjadi seorang desainer grafis, setidaknya Anda akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp 5.000.000 per bulan. Tugas seorang desainer grafis adalah membuat grafis yang menarik secara visual untuk tujuan tertentu. Tentu ini adalah hal yang sangat menarik. Apalagi bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang ini.

    Desain Interior

    Peluang atau prospek kerja seni rupa ketiga adalah bekerja di bidang desain interior. Desain interior sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jasa ini sangat dibutuhkan karena desain interior rumah merupakan bagian yang penting. Karena tentunya banyak orang yang ingin memiliki rumah dengan desain yang menarik.

    Dari profesi ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan.

    Kurator

    Keempat, Anda juga bisa bekerja sebagai kurator. Bagi Anda yang menyukai seni yang memiliki nilai sejarah, menjadi kurator adalah hal yang baik. Tugas seorang kurator adalah menyeleksi dan mengelola benda atau karya seni museum yang akan dipamerkan. Gaji yang akan didapatkan dari bekerja sebagai kurator seni sekitar Rp 4.000.000 per bulan.

    Pengusaha

    Kelima, lulusan seni rupa dapat menjadi wirausaha atau wirausaha. Anda juga bisa mengubah seni menjadi ladang bisnis. Misalnya dengan membuka galeri sendiri dan memamerkan karya seni di sana.

    Untuk penghasilannya sendiri tidak ada batasan atau batasan. Tergantung pada promosi dan tingkat penjualan galeri Anda. Anda dapat mengubah tempat bisnis ini menjadi museum dan Anda dapat menarik tiket masuk Anda.

    Menjadi seorang pengusaha selalu lebih menguntungkan meskipun memiliki lebih banyak risiko. Jika galeri seni Anda ramai pengunjung, maka bukan tidak mungkin penghasilan puluhan bahkan ratusan juta per bulan.

    Dosen Seni

    Keenam, Anda memiliki karir sebagai guru di bidang seni. Profesi guru atau guru yang mengajar bidang seni rupa bukanlah profesi yang membosankan.

    Kamu dapat mengajar di lembaga pendidikan formal atau Anda dapat membuka kursus menggambar untuk anak-anak. Dengan menjadi guru, Anda bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

    Pelukis

    Ketujuh, Anda bisa bekerja sebagai pelukis. Mungkin banyak orang yang menganggap profesi ini kurang menguntungkan. Namun, jika Anda bisa menghasilkan lukisan yang menarik, bukan tidak mungkin mendapatkan hasil yang banyak. Banyak pelukis di dunia yang begitu terkenal dan karyanya dihargai puluhan bahkan ratusan juta.

    Kartunis

    Peluang atau prospek karya seni selanjutnya adalah menjadi kartunis. Kartunis adalah sebutan untuk orang yang menggambar kartun. Menjadi kartunis bukanlah hal baru. Dibutuhkan banyak inovasi dan semangat seni di dalamnya.

    Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai kartunis di perusahaan media atau bisa juga bekerja freelance. Anda juga bisa mendapatkan gaji yang banyak, sekitar Rp 4.000.000 per bulan.

    Webtoonist

    Prospek pekerjaan selanjutnya bagi kamu yang lulusan seni rupa adalah menjadi webtoonist. Siapa yang tidak tahu webtoon? Cerita komik bergambar ini sekarang sangat digemari banyak orang. Saking banyaknya penggemar, peluang menjadi webtonic pun terbuka lebar. Masalah gaji, Anda akan mendapatkan gaji yang menarik, sekitar 5 juta atau lebih.

    Membuka Usaha Seni Busana

    Terakhir, Anda bisa berkarir sebagai pengusaha di bidang seni busana. Seni busana saat ini sedang populer dan memiliki pamor yang tinggi. Anda dapat menerapkan seni Anda pada pakaian. Ini juga sangat populer di kalangan anak muda. Penghasilan yang Anda dapatkan sesuai dengan penjualan dan omset yang Anda dapatkan. Jadi tunggu apa lagi?

    Selain menjadi pengusaha di bidang seni, Anda juga bisa menjalankan bisnis di bidang yang jauh dari seni. Anda bebas melakukan bisnis apa pun yang Anda inginkan. Jika Anda ingin memanfaatkan ilmu yang Anda miliki, Anda harus benar-benar membangun bisnis yang berhubungan dengan kreativitas dan seni.

    (Ayu)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Seni Rupa Murni
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar