Perkembangan Iptek di Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Istilah teknologi berasal dari kata technology atau metode dan logos atau knowledge. Dengan demikian, keterampilan dapat diartikan secara harfiah sebagai mengetahui bagaimana. Menurutnya, pengertian teknologi itu sendiri seolah-olah memperluas, memperkuat, atau memperkuat anggota tubuh, indera, dan otak manusia sedemikian rupa sehingga dengan bantuan akal dan alat, bekerja untuk memenuhi kebutuhan manusia. Di sisi lain, menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv), memberikan pengertian teknologi sebagai metode lengkap yang berfungsi secara rasional dan memiliki karakteristik efisiensi di segala bidang aktivitas manusia.

    • Operasi yang meningkatkan nilai tambah
    • Produk yang digunakan dan diproduksi untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja
    • Struktur atau sistem di mana proses dan produk dikembangkan dan digunakan

    Saat ini, dari kalangan menengah ke menengah, teknologi dan TIK sangat dibutuhkan. Setiap individu sangat membutuhkan keterampilan untuk mempercepat atau meningkatkan pembangunan, baik pada tingkat individu maupun kolektif. Kemajuan teknologi yang pesat dewasa ini adalah teknologi komunikasi yang memberikan berbagai macam bentuk dan kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kehidupan dan eksistensi manusia itu sendiri. Ada empat poin utama identifikasi dalam riwayat kontak. Menurut Nordenstreng dan Varis (1973), pemerolehan bahasa bertepatan dengan kelahiran manusia. Kemajuan dalam keterampilan menulis berjalan seiring dengan komunikasi berbasis suara. Karakter direproduksi melalui printer, memungkinkan komunikasi massal yang sebenarnya.

    Indonesia melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi, dan banyak produk buatan anak Indonesia yang diakui dunia. Misalnya teknologi pengembangan sistem Cakar Ayam, jembatan Sosrobahu hingga teknologi jaringan 4G Berikut ini adalah beberapa contoh kemajuan teknologi di Indonesia.

    • Satelit

    Sistem satelit Palapa memungkinkan Indonesia untuk mengakses berbagai informasi melalui sinyal yang dikirimkan oleh berbagai perangkat elektronik seperti televisi, radio, telepon, dll.

    • Telepon seluler

    Telepon seluler, telepon seluler (disingkat telepon seluler) atau telepon seluler (disingkat HP) adalah alat komunikasi elektronik yang memiliki fungsi dasar yang sama dengan telepon rumah tradisional, tetapi dapat dibawa ke mana saja (portabel atau portabel). ) dan Anda tidak harus online. Menggunakan jaringan telepon yang menggunakan kabel (wireless connection, bahasa Inggris: wireless connection). Indonesia saat ini memiliki dua jaringan telepon nirkabel: Global System for Mobile Communications (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA). Badan yang mengatur komunikasi seluler di Indonesia adalah Asosiasi Komunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

    • Televisi

    Di Indonesia, televisi mengalami perkembangan yang sangat signifikan dengan munculnya banyak televisi khusus seperti RCTI, SCTV, TPI, ANTEVE dan TV7 setelah diperkenalkan oleh Lembaga Penyiaran Televisi (TVRI) Republik Indonesia pada tahun 1962. TV Universal, dll. Kotak televisi pertama kali dijual secara komersial sejak tahun 1920-an, dan sejak itu televisi menjadi barang populer di rumah, kantor komersial, dan institusi, terutama sebagai sumber dan media periklanan untuk kebutuhan hiburan dan berita. Sejak tahun 1970-an, dengan munculnya kaset video, cakram laser, DVD, dan sekarang cakram Blu-ray, kotak televisi telah menjadi alat untuk menampilkan materi siaran dan rekaman. Dalam beberapa tahun terakhir siaran TV telah tersedia melalui Internet, misalnya melalui iPlayer dan Hulu.

    • Computer dan internet

    Komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari serangkaian komponen berbeda yang dihubungkan bersama untuk membentuk sistem operasi. Sistem komputer Anda dapat menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada, secara otomatis mengambil tindakan berdasarkan program yang dibutuhkannya. Tahun 60-an merupakan titik awal dibukanya pintu komputer di Indonesia, dan tahun 80-an merupakan masa pengenalan dan pemahaman dunia komputer. Lalu ada tahun 1990-an, periode evolusi, dan terakhir awal 2000-an, ketika komputer semakin modern dan menjadi "barang bersama" masyarakat Indonesia.

    Munculnya komunikasi elektronik dari telegraf, telepon, radio dan televisi hingga satelit. Di sisi lain, menurut Alvin Toffler, ada tiga peradaban dalam perkembangan teknologi itu sendiri: era pertanian, era industri, dan era informasi. Perkembangan ini masih digunakan sampai sekarang dan sangat bermanfaat bagi umat manusia.

    (Aci)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perkembangan Iptek di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar