Perbedaan Windows 10 dan Windows 11

Daftar Isi

        LancangKuning  -  Microsoft resmi merilis sistem operasi Windows terbarunya, Windows 11, pada Kamis, 24 Juni 2021. Windows 11 adalah penerus Windows 10 yang diperkenalkan pada tahun 2015.

        Sebagai penerus, Windows 11 telah membawa reformasi besar, mulai dari peningkatan desain dan fungsi hingga dukungan untuk aplikasi Android.

        Berikut adalah beberapa perbedaan penting antara Windows 11 dan Windows 10.

    1. Tampilan antarmuka (UI)

        Perbedaan signifikan antara Windows 11 dan Windows 10 adalah antarmuka (UI).

        Windows 11 kini memiliki tampilan yang lebih fresh dan simple terutama pada taskbar dan start menu. Sekarang, menu-menu ini tidak lagi di sebelah kiri seperti di Windows 10.

     Microsoft memindahkannya ke tengah agar terlihat mirip dengan antarmuka MacOS. Menu mulai juga telah pindah ke tengah. Meski begitu, item tertentu, seperti jam, koneksi, atau baterai, masih ada di sisi kanan bilah tugas.

        Ikon menu mulai juga telah dirombak. Logo sekarang memiliki sudut membulat, yang berarti tidak kaku. Tidak  pada bagian icon saja, tampilan jendela (Windows) ini juga memiliki sudut yang lebih membulat daripada setajam jendela lama.

        Perbedaan lain antara keduanya juga terlihat dari tidak adanya dynamic tile di Windows 11. Live tile sendiri merupakan fitur Windows yang menampilkan bar notifikasi yang berisi informasi seperti cuaca, kalender, atau informasi lainnya.

    2. Membentuk logo "Windows"

        Logo di Windows 11 sekarang terlihat sedikit berbeda dari Windows 10. Logo Windows 11 terlihat seperti jendela depan.

       Versi logo Windows sebelumnya adalah empat kotak tiga dimensi, yang tampak seperti bendera berkibar. Tidak hanya logo, tetapi juga Suara Startup yang terdengar saat booting telah diperbarui.

         Aplikasi Android ini, bisa juga anda temukan di Microsoft Store atau diunduh melalui Amazon App Store. Setelah mengunduh, aplikasi dapat disematkan ke bilah tugas atau dipasangkan dengan aplikasi lain. Microsoft menggunakan teknologi Intel Bridge, yang memungkinkan aplikasi Android berjalan pada sistem x86.

         Ada kabar baiknya, yaitu aplikasi Android di Windows 11 tidak hanya cocok untuk komputer dengan CPU Intel, tetapi juga untuk AMD dan ARM.

      Versi logo Windows sebelumnya memiliki empat kotak gaya tiga dimensi, yang tampak seperti bendera berkibar. Tidak hanya logo, tetapi juga Suara Startup yang terdengar saat booting.

    3. Dukungan aplikasi Android

         Di Windows 11, Microsoft memperkenalkan fitur ini untuk pertama kalinya dengan cara yang sama seperti Apple menggunakan chip M11. informasi bagi para pengguna microsoft, chip M11 memungkinkan aplikasi iOS berjalan di sistem operasi MacOS. Dalam hal ini, Microsoft memilih merangkul Android, dan Android adalah pesaing utama iOS.

         Microsoft mengungkapkan bahwa Windows 11 akan dirilis selama liburan tahun ini, kemungkinan sekitar November atau Desember, dan akan berlanjut hingga awal 2022. Ditahap awal ini, Microsoft akan memberikan kesempatan kepada pengembang untuk menguji Windows 11 melalui Windows. Rencana Insider akan dimulai minggu depan.

    4. Widget

        Informasi untuk pengguna, Windows 11 sekarang didukung oleh Microsoft Edge dan AI. Widget yang dapat diakses disaat kursor diarahkan ke kiri layar. Widget bisa juga membantu pengguna dalam mendapatkan informasi, cuaca, berita, foto, dan lainnya secara sekilas. Sangat menarik untuk digunakan

    5. Integrasi dengan Tim

        Microsoft sekarang mengintegrasikan layanan Teams ke dalam Windows 11. Ada tombol khusus yang bisa diakses oleh pengguna dari desktop. Dengan layanan Teams, pengguna dapat melakukan panggilan video, teks, atau suara ke pengguna lain.

    6. HDR Otomatis untuk mode permainan

        game yang di komputer adalah salah satu yang mendapat perhatian dari Microsoft. Untuk menyenangkan para pecinta game, Microsoft merilis fitur Auto HDR di Windows 11. Fitur ini akan memberikan kontras dan warna yang baik saat bermain game.

    (Alvin)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Windows 10 dan Windows 11
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar