Kurs Rupiah Masih Melemah di Tengah Penerapan PPKM Darurat

Daftar Isi

    Foto: Uang Rupiah dan Dolar AS. (Ilustrasi). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

     


    Lancang Kuning – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berpotensi ditutup melemah pada perdagangan hari ini, Selasa, 13 Juli 2021

    Berdasarkan data terakhir Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor, kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berada di level Rp14.486 per Senin 12 Juli 2021. Posisi rupiah itu tercatat menguat 62 poin dari kurs sebelumnya, yang berada di level Rp14.548 pada perdagangan Jumat, 9 Juli 2021.

    Sementara itu, perdagangan di pasar spot pada Selasa 13 Juli 2021 hingga pukul 10.03 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.497 per dolar AS. Posisi itu melemah 5 poin atau 0,03 persen, dari level penutupan perdagangan sebelumnya di posisi Rp14.492 per dolar AS.

    Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim menjelaskan, sepekan penerapan PPKM Darurat menimbulkan optimisme bahwa hal itu akan berdampak positif terhadap menurunnya kasus COVID-19.

    “Di DKI Jakarta, lengangnya jalan-jalan, sepinya perkantoran, serta tutupnya mal dan pasar, mengindikasikan pengetatan di perbatasan, baik perbatasan dengan Tangerang maupun Bekasi, cukup berhasil menghalau laju kerumunan kendaraan roda empat dan roda dua,” ujar Ibrahim, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Sepinya aktivitas masyarakat yang terjadi saat ini akan bisa menunjukkan gambaran apakah PPKM Darurat mampu menurunkan angka infeksi harian.

    Dengan penambahan kasus COVID-19 harian yang terus menunjukkan tren penurunan, maka hal ini akan berdampak positif terhadap mata uang rupiah.

    "Rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah tipis di rentang Rp14.470 - Rp14.510," ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kurs Rupiah Masih Melemah di Tengah Penerapan PPKM Darurat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar