Kian Mesra, Perdagangan RI-China Bisa Tembus Rp1.137 T

Daftar Isi

    Foto: Dubes RI untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun menyebut China bakal jadi mitra dagang utama dengan nilai perdagangan mencapai setara Rp1.137,6 triliun. (detikcom/Reno Hastukrisnapati Widarto).


     

    Lancang Kuning - Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun menyebut China akan menjadi mitra dagang nomor wahid bagi Indonesia dengan nilai perdagangan mencapai US$79 miliar atau setara Rp1.137,6 triliun.

    Djauhari mengatakan bahwa pada kuartal pertama tahun ini saja, sudah ada US$25 miliar yang diperdagangkan antara China dan Indonesia. Saat ini, ASEAN merupakan mitra dagang terbesar China.

    Ia kemudian merincikan bahwa realisasi investasi China di Indonesia pada tahun lalu senilai US$4,5 miliar. Jika ditambah dengan Hong Kong, total investasi keduanya mencapai US$8,3 miliar.

    Sementara itu, pada kuartal pertama 2021, tercatat realisasi investasi China dan Hong Kong sebesar US$2 miliar.

    Ia meyakini bahwa China bakal menjadi ekonomi terbesar dunia dalam beberapa tahun ke depan menyalip Amerika Serikat (AS). Karena itu, ia menilai Indonesia harus menjalin kerja sama strategis secara ekonomi dengan Negeri Tirai Bambu.

    "Suka tidak suka China akan menjadi nomor satu di ekonomi dalam beberapa tahun dari sekarang. Dengan konteks itu kita harus menjalin kerja sama strategis dengan China," ujarnya pada pembukaan webinar The Asian Heroes: Milfest X PPI Tiongkok, Sabtu (3/7), dilansir LKC dari CNN Indonesia.com

    Meski demikian, Djauhari menyatakan bahwa Indonesia harus menjalin relasi ekonomi yang kuat secara global, tak hanya dengan China.

    "Sekarang banyak karangnya. Jangan sampai perahu kita tubrukan ke salah satu karang. Malah karam kan perahunya," katanya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kian Mesra, Perdagangan RI-China Bisa Tembus Rp1.137 T
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar