Jenis Perangkat Lunak

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Setiap hari, kami menemukan berbagai jenis perangkat lunak komputer yang membantu kami melakukan tugas dan meningkatkan efisiensi kami. Dari MS Windows yang menyapa kita ketika kita menyalakan sistem ke web browser yang kita gunakan untuk menjelajah internet atau game yang kita mainkan di komputer kita hingga penghitung pembakaran kalori di smartphone kita, semuanya adalah contoh perangkat lunak. Di dunia teknologi ini, kita bahkan menemukan berbagai tren pengembangan perangkat lunak yang membantu bisnis kita berkembang, kita dikelilingi oleh semua perangkat lunak yang bertekad untuk membuat hidup kita lebih mudah. Menurut definisi, Perangkat Lunak (juga disingkat SW atau S / W) adalah kumpulan data, program, prosedur, instruksi, dan dokumentasi yang melakukan berbagai tugas yang telah ditentukan pada sistem komputer. Mereka memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan computer

    Biasanya, ada dua klasifikasi utama perangkat lunak, yaitu Perangkat Lunak Sistem dan Perangkat Lunak Aplikasi.

    1. Perangkat Lunak Sistem

    Perangkat lunak sistem membantu pengguna dan perangkat keras untuk berfungsi dan berinteraksi satu sama lain. Pada dasarnya, ini adalah perangkat lunak untuk mengatur perilaku perangkat keras komputer sehingga dapat menyediakan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan kata sederhana, kita dapat mengatakan bahwa perangkat lunak sistem adalah perantara atau lapisan tengah antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak komputer ini mendukung platform atau lingkungan untuk bekerja pada perangkat lunak lain. Inilah alasan mengapa perangkat lunak sistem sangat penting dalam mengelola seluruh sistem komputer. Saat Anda pertama kali menyalakan komputer, perangkat lunak sistemlah yang diinisialisasi dan dimuat ke dalam memori sistem. Perangkat lunak sistem berjalan di latar belakang dan tidak digunakan oleh pengguna akhir. Inilah alasan mengapa perangkat lunak sistem juga dikenal sebagai 'perangkat lunak tingkat rendah.

    Beberapa contoh perangkat lunak sistem yang umum adalah:

    Sistem operasi: Ini adalah contoh paling menonjol dari Perangkat Lunak Sistem. Ini adalah kumpulan perangkat lunak yang menangani sumber daya dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi lain yang menjalankannya. Meskipun setiap Sistem Operasi berbeda, kebanyakan dari mereka menyediakan Antarmuka Pengguna Grafis di mana pengguna dapat mengelola file dan folder dan melakukan tugas lainnya. Setiap perangkat, baik itu desktop, laptop, atau ponsel memerlukan sistem operasi untuk menyediakan fungsionalitas dasarnya. Karena OS pada dasarnya menentukan bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem, oleh karena itu banyak pengguna lebih suka menggunakan satu OS tertentu untuk perangkat mereka. Ada berbagai macam sistem operasi seperti real-time, embedded, distributed, multiuser, single-user, internet, mobile, dan masih banyak lagi. Penting untuk mempertimbangkan spesifikasi perangkat keras sebelum memilih sistem operasi.

    1. Android

    2. CentOS

    3. iOS

    4. Linux

    5. Mac OS

    6. MS Windows

    7. Ubuntu

    8. Unix

    2. Perangkat Lunak Aplikasi

    Perangkat Lunak Aplikasi, juga dikenal sebagai program pengguna akhir atau program produktivitas adalah perangkat lunak yang membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugas seperti melakukan riset online, membuat catatan, menyetel alarm, mendesain grafik, mencatat akun, melakukan perhitungan, atau bahkan bermain game. Mereka berada di atas perangkat lunak sistem. Tidak seperti perangkat lunak sistem, mereka digunakan oleh pengguna akhir dan spesifik dalam fungsi atau tugas mereka dan melakukan pekerjaan yang dirancang untuk mereka lakukan. Misalnya browser adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk browsing internet atau MS PowerPoint adalah aplikasi yang digunakan khusus untuk membuat presentasi. Perangkat Lunak Aplikasi atau aplikasi sederhana juga dapat disebut sebagai perangkat lunak non-esensial karena persyaratannya sangat subyektif dan ketidakhadirannya tidak mempengaruhi fungsi sistem. Semua aplikasi yang kami lihat di ponsel kami juga merupakan contoh Perangkat Lunak Aplikasi. Ada software tertentu yang dibuat khusus untuk pengembangan aplikasi seperti Meteor dan Flutter. Ini adalah contoh perangkat lunak Aplikasi juga.

    (Angga)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Perangkat Lunak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar