Cara Perawatan Sistem Suspensi Mobil

Daftar Isi

    LancangKuning - Suspensi adalah bagian yang sangat penting dari kendaraan. Fungsinya sendiri untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang mobil. Jika performa nya tidak maksimal, Anda akan merasa bosan dan tidak nyaman di dalam mobil. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemeliharaan suspensi mobil. Performanya sendiri memang meredam getaran yang ditimbulkan oleh kendaraan.

    Oleh karena itu, saat seseorang berada di dalam mobil, mereka akan merasakan getarannya lebih lembut dan tidak terlalu keras. Jika suspensi tidak ada maka situasinya akan berbeda, sehingga tubuh manusia akan langsung merasakan getaran yang terjadi, membuat badan tidak nyaman dan kemungkinan menimbulkan rasa sakit dan pegal.

    Muat sesuai anjuran Saat bepergian dengan mobil, harap perhatikan barang bawaan Anda. Jangan terlalu banyak memindahkan muatan, karena pabrikan telah menguji dan mengukur berat muatan tersebutApa yang bisa ditampung kendaraan. Sobat bisa melihat informasi mengenai beban maksimal yang bisa ditanggung kendaraan di buku manual kendaraan.

    Jika dipaksakan menanggung beban yang terlalu berat, hal tersebut dapat menyebabkan sistem suspensi rawan mengalami masalah kebocoran. Selain itu, jika dilakukan secara terus menerus maka keseimbangan akan berkurang dan terdapat bahaya guncangan atau terguling. Perhatikan tekanan ban Agar suspensi lebih awet, tekanan angin pada ban mobil juga harus sesuai dengan anjuran pabrikan.

    Ban mobil juga memiliki fungsi untuk meredam getaran sebelum memasuki suspensi. Oleh karena itu, saat ban dalam kondisi baik yang memenuhi tekanan standar maka kerja suspensi akan berkurang. Dengan begitu, suspensi menjadi lebih awet, memiliki masa pakai yang lama, dan terhindar dari risiko kerusakan.

    Metode pertama ini membutuhkan pengalaman dan ketepatan. Ingatlah bahwa hanya dengan melihat bentuk ban, Anda harus mengetahui apakah tekanan udaranya sudah benar. Anda juga bisa merasakannya saat berkendara. Orang yang sudah terbiasa pasti akan tahu apakah ban under-inflated atau over-pressured.

    Banyak pengemudi yang pandai menggunakan Cara lain untuk menjaga tekanan ban mobil adalah dengan memukul. Teman dapat menggunakan kaki atau alat mereka untuk mendengarkan suara. Jika suaranya terlalu keras dan suaranya mungkin ada terlalu banyak tekanan pada ban mobil.

    Jika suara terlalu rendah dan tekanan udara bisa menurun. Jika Anda terbiasa, Anda bisa melakukan hal yang sama. Selain itu, cara ini mungkin berguna saat Anda berada di malam hari dan tidak ada cukup cahaya.

    Langkah sederhana selanjutnya dalam memelihara suspensi mobil adalah mengurangi kecepatan. Operasi ini akan dilakukan bila ada gundukan atau kondisi jalan yang kurang baik. Saat jalan rusak atau ada gundukan, getarannya tiba-tiba seperti tabrakan mobil. Jika melaju dengan kecepatan tinggi, suspensi dapat mudah rusak.

    Tak hanya itu, ban juga bisa meledak. Oleh karena itu, ketika melihat jalan bergelombang atau rusak di depan kendaraan, sebaiknya segera kurangi kecepatannya. Langkah sederhana menjaga suspensi mobil selanjutnya adalah dengan mengurangi kecepatan. Operasi ini akan dilakukan bila ada gundukan atau kondisi jalan yang kurang baik. Saat jalan rusak atau ada gundukan, getarannya tiba-tiba seperti tabrakan mobil. Jika melaju dengan kecepatan tinggi, suspensi dapat mudah rusak. Tak hanya itu, ban juga bisa meledak. Jadi segera kurangi kecepatannya.

    Saat mobil diparkir di tempat yang tidak rata, maka badan mobil akan terasa miring ke satu sisi. Jika ini dilakukan, maka salah satu suspensi akan menanggung bobot yang lebih berat dari pada suspensi lainnya. Jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada suspensi.

    Oleh karena itu, berhati-hatilah saat ingin memarkir kendaraan kesayangan, dan saat merawat suspensi mobil juga harus memperhatikan kondisi di sekitar bagian terkecil. Jika ada yang rusak, segera ganti agar tidak merembet ke suspensi.

    Memperhatikan masalah kecil yang jika dibiarkan bisa melebar dan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius Dari kelima poin di atas sebenarnya sangat mudah untuk merawat suspensi mobil. Kebanyakan dari mereka hanya fokus pada perilaku mengemudi dan inspeksi serta pemeliharaan. Ini juga menangani perawatan rutin. Karena saat memperbaiki suspensi mobil, Anda juga bisa mengeceknya agar dalam kondisi baik dan mampu menyediakan Kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. (Danil)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Perawatan Sistem Suspensi Mobil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar