Fungsi Komunikasi Bisnis

Daftar Isi

    LancangKuning - Komunikasi bisnis merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Komunikasi bisnis ini juga dapat diartikan sebagai komunikasi bisnis yang dilakukan secara verbal dan non verbal. Dimana komunikasi tersebut memiliki konten seperti opini, ide, ide atau informasi penting lainnya.

    Dalam kegiatan komunikasi bisnis yang terjadi secara terus menerus dan terus menerus karena dapat membantu menentukan proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis.

    Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

    Untuk lebih memahami apa itu komunikasi bisnis, kita bisa merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli berikut:

    1. Menurut Philip Philip Kolter
      Pengertian komunikasi bisnis adalah suatu aktivitas atau aktivitas manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
    2. Menurut William Albig
      Pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, instruksi yang mempunyai sasaran tertentu yang disajikan secara pribadi atau tidak memihak melalui simbol atau isyarat.
    3. Menurut Djoko Purwanto
      Pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang meliputi segala bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
    4. Menurut Rosenbalt
      Pengertian komunikasi bisnis adalah tindakan bertukar informasi, ide / pendapat, instruksi, dll. Yang disampaikan secara personal maupun non personal melalui simbol dan sinyal untuk mencapai target perusahaan.
    5. Menurut Katz
      Pengertian komunikasi bisnis adalah kegiatan bertukar ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian sejumlah target komersial.

    Tujuan Komunikasi Bisnis

    Secara umum, tujuan komunikasi bisnis adalah memberikan informasi atau menginformasikan, membujuk atau membujuk dan berkolaborasi atau berkolaborasi dengan pelanggan. Namun masing-masing tujuan tersebut memiliki uraian yang lebih lengkap seperti di bawah ini:

    1. Memberikan Informasi (Menginformasikan)

    Informasi yang dimaksud di sini adalah informasi yang berkaitan dengan kegiatan berbagai pihak. Misalnya seorang tenaga penjual yang ingin meningkatkan pencapaian targetnya akan berusaha memasang iklan di berbagai media.

    Masing-masing media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi biaya maupun dari segi dampaknya. Cara penyampaian informasi di masing-masing media juga dapat menjadi faktor penentu keberhasilan suatu iklan.

    1. Melakukan Persuasi (Persuading)

    Persuasi adalah cara terbaik untuk berkomunikasi yang dapat digunakan saat mencoba memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi juga sering dilakukan dalam kegiatan pemasaran sehingga dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk atau juga dalam penegasan saat melakukan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan.

    1. Berkolaborasi

    Kolaborasi merupakan bentuk kerjasama dan interaksi pihak-pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang dapat menerima konsekuensi dan manfaat. Komunikasi inilah yang membuat kerjasama bisnis menjadi lebih mudah.

    Komunikasi bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai media misalnya melalui telepon, email dan berbagai media lainnya.

    Fungsi dalam Komunikasi Bisnis

    1. Fungsi Informatif

    Dalam hal ini, fungsi informatif dapat digunakan oleh karyawan agar dapat melaksanakan pekerjaan dan tugasnya dengan lebih efektif dan efisien. Informasi yang dibutuhkan adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan (tujuan, prosedur, peraturan lainnya), standar kerja dan keuntungan perusahaan serta sosial emosionalitas perusahaan secara umum.

    1. Fungsi Pengaturan

    Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengontrol dan membantu jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi pada fungsi ini dapat berupa perintah dan laporan.

    1. Fungsi Persuasif

    Fungsi persuasif ini dapat berlangsung ketika ada komunikasi dan interaksi antar karyawan, tujuan dari komunikasi ini agar satu sama lain dapat saling menerima masukan atau gagasan dari satu sama lain.

    1. Fungsi Integratif

    Integrasi yang terjadi dalam suatu perusahaan akan menjadikan perusahaan tersebut saling terintegrasi dan utuh. Hal tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat yang selama ini berada di perusahaan dapat berjalan dengan baik.

    Itulah pembahasan terkait komunikasi bisnis mulai dari pengertian komunikasi bisnis, tujuan dan elemen di dalamnya serta fungsi dari komunikasi itu sendiri. Ingat! Setiap bisnis membutuhkan strategi komunikasi bisnis yang efektif dan efisien yang dapat diterapkan pada setiap karyawan.

    Oleh karena itu, dengan pemahaman komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis yang dilakukan tentunya akan semakin efektif dan efisien.(M.Dani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Komunikasi Bisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar