Jalan-jalan Ke Dumai, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Berikut

Daftar Isi

    LancangKuning.Com, Kota Dumai merupakan kota yang dijuluki dengan Kota Pengantin Berseri, PENGANTIN BERSERI adalah singkatan dari Kota PENGANTIN (Pelabuhan, Perdagangan, Tourism dan Industri) BERSERI (Bersih, Semarak, Rukun dan Indah) SEHAT (Sejahtera, Harmonis, Aman dan Tertib). Banyak tempat wisata dan rekreasi yang ada di kota Dumai dan tidak ketinggalan juga kota Dumai juga sudah mempersiapkan buah tangan yang bisa dibawa pulang dengan berbagai macam makanan khas yang ada. Aneka makanan yang bisa dijadikan buah tangan dari Dumai diantaranya:

    1. Buah Naga

    Buah naga memiliki antioksidan yang cukup besar. Mengkonsumsi buah ini dapat menurunkan kolestrol, dapat menurunkan berat badan, mencegah kanker, mencegah diabetes mellitus, bagi anda yang susah makan maka buah ini mampu meningkatkan nafsu makan, ingin awet muda anda bisa mengkonsumsi buahnya, kerena ia mampu menunda penuaan dini, juga berkhasiat untuk batuk dan asma, tekanan darah tinggi. Baik untuk tulang dan darah. Juga meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga merah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Masih banyak khasiat dan manfaat buah Naga yang lainnya.

    Buah Naga ini sangat cocok dikonsumsi semua kalangan usia. Nutrisi yang dikandung buahnya sangat bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak juga orang dewasa dan tua. Buah Naga aslinya berasal dari Meksiko, Amerika tengah, buah Naga di sana bernama Pitaya. Sedangkan penamaan “Dragon” berdasarkan kepercayaan orang Vietnam dimana mereka mempercayai bahwa buah Naga sangat diberkahi dan mereka meletakkan buah Naga diantara dua patung Naga.

    Kebun buah Naga di Dumai terletak di daerah Purnama, sebelah utara kota Dumai. luasnya sekitar dua hektar. Kita bisa memetik buah Naga ini.

    2. Dodol Nenas

    Dodol Nenas memiliki ciri khas rasa yang berbeda dari dodol pada umumnya. Potensi pertanian Nenas yang ada di Mundam yang dikenal memiliki kualitas utama di Kota Dumai. Dodol Nanas dibuat dari bahan Gula pasir, nenas, tepung terigu, tepung ketan, gula kelapa, mentega. Di dumai terdapat pertanian nenas yaitu yang ada di Mundam, di mana nanas hasil pertanian ini dikenal memiliki kualitas yang utama di kota Dumai.

    3. Bolu Kemojo

    Bolu Kemojo adalah makanan khas Melayu Riau. Ini merupakan buah tangan yang ada di kota Dumai. Kue ini merupakan hidangan istimewa pada acara hajatan atau kenduri dan juga sering disajikan sebagai menu buka puasa dan sajian saat hari raya idul fitri bagi tamu yang datang bersilaturahmi. Jika anda berkunjung ke kota Dumai maka membawa pulang bolu kemojo adalah sebuah keharusan.

    4. Lempuk Durian

    Lempuk Durian adalah makanan khas Riau, ia terbuat dari Durian bentuknya seperti dodol. Sebenarnya lempuk Durian berasal dari Bengkalis, namun ia juga merupakan buah tangan khas kota Dumai. 

    Bahan dasar lempuk Durian ialah 100% daging Durian yang ditambahkan gula sebagai pemanis. Rasa lempuk Durian sangat enak dan manis, teksturnya yang lemut menjadikannya terasa kenyal dan ingin mencicipi kembali.

    5. Kerupuk Cabe 

    Kerupuk cabe merupakan kerupuk yang dibuat dari ubi kayu. Banyak kerupuk cabe yang dijajakan dan dijual dari daerah lain, namun gurih dan renyahnya kerupuk cabe Dumai sangat berbeda dari kerupuk cabe lainnya.

    Jika anda pernah memakan kerupuk ini maka satu bungkus tidak akan terasa habis dilahap sendiri dalam waktu singkat, karena memang gurih dan renyahnya membuat ketagihan. Jika ingin membawa pulang maka satu bungkus tidak akan cukup, belilah beberapa bungkus dan sebagai oleh-oleh buat rekan anda. Kerupuk ini sangat diminati dan merupakan oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Dumai. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jalan-jalan Ke Dumai, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Berikut
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar