Konsep Industri Kreatif

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengertian Industri Kreatif | Secara umum, industri kreatif adalah pemanfaatan sebuah karya dari ide, kreatifitas, dan penciptaan oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat dijadikan sebagai produk ekonomi tanpa mengeksploitasi sumber daya alam. Industri kreatif juga disebut sebagai industry budaya, terutama di benua eropa.

    Menurut Kementrian Perdagangan RI (2009), industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

    Menurut Simatupang (2007), industri kreatif yang mengandalkan bakat, keterampilan, dan kreatifitas yang merupakan elemen dasar setiap individu. Unsur utama dari industri kreatif adalah bakat, keterampilan, dan kreatifitas yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual.

    Menurut UK DCMS (1998), industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreatifitas individu, keterampilan, dan bakat yang memiliki potensi memberi kekayaan dan lapangan pekerjaan melalui pembentukan dan eksploitasi dari properti intelektual dan konten.

    Sektor Industri Kreatif

    Terdapat beberapa sektor industri kreatif, yaitu sebagai berikut:

    1. Advertising dan Marketing

    Advertising (Periklanan) adalah komunikasi dalam kegiatan marketing (pemasaran) menggunakan pesan yang bersifat tidak pribadi bersponsor yang secara terbuka untuk mempromosikan, menjual produk, layanan atau ide. Advertising dikomunikasikan di berbagai media massa, contohnya koran, majalah, televisi, radio, surat langsung dan media internet seperti hasil pencarian, blog, media sosial, situs web, atau pesan teks.

    Marketing (Pemasaran) adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menawarkan produknya. Pemasaran adalah salah satu komponen utama dalam manajemen bisnis dan perdagangan. Cara penjualan produk dipengaruhi oleh lingkungan di sekitar produk, menciptakan cabang baru yang disebut riset pasar dan riset pemasaran.

    1. Arsitektur

    Arsitektur adalah proses dan produk dari planning (perencanaan), design (desain), dan konstruksi bangunan. Hasil pekerjaan arsitektual terkadang menjadi simbol dari suatu budaya dan dipandang sebagai karya seni.

    1. Craft (Keterampilan)

    Craft (Keterampilan) adalah kegiatan yang membutuhkan keahlian, keterampilan dan pengetahuan khusus untuk melakukan suat pekerjaan. Orang yang melakukan keterampilan disebut craftman. Pada abad pertengahan, craft biasanya mengacu pada kegiatan produksi suatu barang berskala kecil dan termasuk perawatan barang tersebut. Pada masa yang lalu, keterampilan yang lebih khusus dengan produk yang memiliki nilai tinggi cenderung terkonsentrasi di pusat kota dan membentuk serikat pekerja.

    1. Desain, Desain Produk, Desain Fashion, dan Desain  Grafis

    Desain adalah perencanaan dan perancangan dalam membuat atau mengkonstruksi sebuah objek atau sistem yang umumnya fungsional dan tidak ada sebelumnya dalam rangka mengatasi masalah tertentu agar lebih bermanfaat bagi pengguna dan memiliki nilai lebih. Desain produk adalah perancangan sebuah produk baru, desain fashion adalah seni perancangan pakaian, estetika, dan kecantikan alami dari pakaian tersebut. Desain grafis adalah perencanaan objek visual yang mengirimkan pesan kepada kelompok tertentu.

    1. Film, TV, Videografi, Radio, dan Fotografi

    Film adalah sebuah karya visual yang digunakan untuk menstimulasikan pengalaman yang menyampaikan ide, cerita, persepsi, perasaan, kecantikan, atau suasana melalui gambar yang bergerak, dan biasanya juga menggunakan suara.

    Videografi adalah proses penangkapan (capturing) gambar bergerak menggunakan alat elektronik untuk didokumentasikan. Videografi termasuk produksi video untuk memberi informasi melalui televisi.

    Radio adalah teknologi telekomunikasi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirim suatu informasi. Radio digunakan untuk komunikasi melalui televisi, telepon seluler, satelit, internet, dan lain-lain.

    Fotografi adalah seni dalam menangkap gambar dari cahaya yang terekam, menggunakan alat atau bahan kimia. Pada umumnya, lensa digunakan untuk menangkap gambar dan disimpan dalam alat elektronik.

    Televisi adalah medium (perantara) komunikasi yang digunakan untuk mengirim informasi melalui gambar bergerak dan suara. Produksi video dilakukan untuk menghasilkan gambar bergerak di televisi. Suatu informasi dikirim ke televise dengan menggunakan gelombang radio.(Syahdan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Industri Kreatif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar