Perbedaan Pasar Monopoli dan Monopolistik

Daftar Isi

    LancangKuning - Pada umumnya pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli secara langsung maupun tidak langsung, sehingga terjadi transaksi perdagangan di dalamnya. Kegiatan perdagangan tersebut kemudian membentuk suatu struktur pasar persaingan, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Salah satu bentuk dari pasar tidak sempurna adalah pasar monopoli.

    Pasar Monopoli

    Pasar monopoli merupakan salah satu bentuk pasar yang di mana hanya ada satu perusahaan saja. Perusahaan tersebut  menghasilkan barang yang tidak memiliki barang pengganti yang sangat dekat dan keuntungan yang didapat melewati normal. Bahkan di dalam pasar monopoli biasanya hanya satu produsen yang bisa menetapkan harga produk-produknya.

    Ciri-ciri Pasar Monopoli

    Pasar monopoli mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan pasar persaingan sempurna, yaitu:

    • Industry satu perusahaan, barang atau jasa yang di hasilkan tidak bisa di beli dari tempat lain. Para pembeli tidak memiliki pilihan lain jika ingin membeli produk tersebut. Para pembeli tidak dapat melakukan sesuatu dalam menentukan syarat dalam jual beli.
    • Tidak ada barang pengganti yang serupa, barang yang di per jual belikan di dalam pasar monopoli tidak dapat di gantikan dengan barang lain. Barang tersebut akan menjadi satu-satunya produk dan tidak bisa di temukan di perusahaan lain yang identic.
    • Perusahaan lain sulit masuk ke dalam industry, keuntungan yang didapatkan perusahaan pasar monopoli tidak mendorong perusahaan lain untuk ikut serta kedalam industry tersebut. Ciri-ciri yang ini menjadi penyebab utama perusahaan mempunyai kekuatan monopoli. Jika ciri ini tidak ada maka banyak perusahaan lain yang masuk kedalam industry yang sama dan perusahaan monopoli tidak ada.
    • Perusahaan di pasar monopoli sebagai penentu harga, hal ini dikarenakan perusahan yang ada di pasar monopoli merupakan satu-satunya yang ada di pasar tersebut. Sehingga di tentukan secara penuh oleh penjual.
    • Promosi iklan kurang diminati, perusahaan di dalam pasar monopoli ini menjadi satu-satunya produsen di pasar, maka secara otomatis pembeli akan membeli produknya. Sehingga perusahaan sama sekali tidak memerlukan iklan untuk mempromosikan barangnya. Iklan yang di lakukan hanya untuk menjaga hubungan dengan masyarakat, bukan bertujuan untuk promosi.

    Pasar Monopolistik

    Pasar ini merupakan salah satu jenis struktur pasar yang mempunyai semua unsur, yaitu kegiatan produksi, distribusi, ataupun unsur konsumen. Pada umumnya pasar monopolistic terjadi di semua pasar baik tradisional atau modern.

    Pasar monopolistic merupakan pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan komoditas berbeda karakteristik. Di jenis pasar ini produsen menawarkan satu jenis barang dengan berbagai sumber produk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk. Serta ukuran.

    Ciri-Ciri Pasar Monopolistik

    • Mempunyai banyak penjual, pasar ini mempunyai banyak penjual yang saling bersaing seperti pasar persaingan sempurna. Para penjual rata-rata mempunyai ukuran perusahaan yang sama serta tidak satu pun dari mereka mempunyai perusahaan besar.
    • Barang yang di jual berbagai ragam, setiap perusahaan menghasilkan barang atau jasa sejenis. Tetapi satu perusahaan dengan perusahaan yang lain bisa di bedakan dari segi ukuran, kemasan, pelayangan, dan dari segi keunikan lainnya.
    • Produsen bisa menentukan harga, perbedaan harga dari masing-masing perusahaan memungkinkan dari setiap produsen mempunyai kekuatan untuk menetapkan harga output. Di dalam pasar persaingan monopolisting sendiri, produsen bisa mempengaruhi harga, tetapi pengaruhnya relative kecil di banding dengan persaingan oligopoly dan monopoli.
    • Hambatan masuk ke industry relative rendah, perusahaan baru yang akan masuk ke pasar tidak akan menghadapi persaingan atau hambatan yang tinggi. Hambatan yang akan di hadapi perusahaan baru di antaranya :
    • Modal yang di butuhkan relative besar dari pada pasar persaingan sempurna.
    • Perusahaan baru harus berusaha memproduksi barang serta jasa yang lebih menarik dari yang sudah ada.
    • Dibutuhkannya promosi yang aktif, setiap perusahaan mempunyai keunikan masing-masing, sehingga diperlukannya promosi yang tinggi. Hal ini menjelaskan bahwa pasar ini bersaing bukan karena harga, tetapi dari segi bentuk corak. (tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Pasar Monopoli dan Monopolistik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar